Pembukaan MTQ, 167 PT Bersaing di Babak Penyisihan

Minggu, 02 Agustus 2015 - 11:49 WIB
Pembukaan MTQ, 167 PT Bersaing di Babak Penyisihan
Pembukaan MTQ, 167 PT Bersaing di Babak Penyisihan
A A A
JAKARTA - Rektor Universitas Indonesia (UI) Muhammad Anis bersama Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Riset dan Teknologi Ainun Naim, Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristek Dikti RI Intan Ahmad, Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail, para perwakilan Duta Besar negara Sahabat, para Dewan Pengawas, Dewan Hakim dan
Panitera serta tidak kurang dari 1.863 mahasiswa dari 167 Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia menghadiri Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) XIV 2015 pada Sabtu 1 Agustus 2015 di Balairung UI kampus Depok.

MTQMN XIV berlangsung pada 1-8 Agustus 2015 di kampus UI Depok dengan mengambil tema “Membentuk Mahasiswa yang beriman, bertakwa dan Berakhlaqulkarimah Menyongsong Indonesia Emas.”

Terdapat 13 jenis musabaqah yang akan dilombakan tahun ini, antara lain Debat pengetahuan Alquran dalam bahasa Inggris, Musabaqah Tilawatil Qur’an, Musabaqah tartilil Quran, Musabaqah Qira’at Sab’ah, Musabaqah Hifzhil Quran untuk 1 Juz, 5 Juz dan 10 Juz serta Musabaqah Khaththil Quran.

Adapun cabang lomba yang tergolong baru diperlombakan adalah lomba desain aplikasi Alquran berbasis komputer. UI sendiri berpartisipasi pada saluruh musabaqah dengan mengirimkan perwakilan sebanyak 29 mahasiswa.

Babak penyisihan akan dimulai pada Minggu (2/8/2015) di area kampus UI Depok seperti diantaranya cabang Tilawah, Hifzhil 1 Juz, Tartil, Syarhil, Fahmil, karya Tulis Ilmiah,
Debat Bahasa Arab dan Inggris serta Desain aplikasi komputer.

Setelah melalui babak penyisihan, maka para peserta lomba akan mengikuti babak perempat final, semifinal hingga final yang berlangsung pada hari Rabu–Kamis (5-6 Agustus).

Rektor UI Muhammad Anis dalam sambutannya menyampaikan kebanggaannya dapat menjadi tuan rumah penyelenggaraan event Qurani terbesar pada tahun ini serta dapat menjalin silahturahim dengan para mahasiswa dan perwakilan dari ratusan Perguruan Tinggi se-Indonesia.

Dia menambahkan,semangat juang menyuarakan Alquran menjadi latar belakang UI sebagai penyelenggara MTQMN ke-14.

"Sebagai universitas dengan menyandang nama bangsa, UI diharapkan dapat menjadi jembatan yang menghubungkan dan menyatukan keberagaman, kebhinekaan yang dibangun dengan akhlak yang baik akan menciptakan masyarakat yang sejahtera," ungkapnya Sabtu 1 Agustus 2015 malam.

Pada pelaksanaan MTQMN ke-14 ini, UI berupaya menghadirkan nuansa Ukhuwah Islamiyah, salah satunya dengan menghadirkan perwakilan duta besar negara-negara sahabat, terutama negara berpenduduk mayoritas Muslim dimana akan menampilkan pagelaran seni dan budaya khas masing-masing negara.

Pilihan:

Kekuatan Marinir Indonesia Masuk Tiga Besar di Dunia

Calon Tunggal Bukti Parpol Tidak Siap Hadapi Incumbent
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8771 seconds (0.1#10.140)