HT Motivasi Ratusan Mahasiswa President University

Rabu, 26 November 2014 - 16:52 WIB
HT Motivasi Ratusan Mahasiswa President University
HT Motivasi Ratusan Mahasiswa President University
A A A
JAKARTA - Sekira 400 mahasiswa President University mengikuti kuliah umum yang diberikan CEO MNC Group, Hary Tanoesoedibjo (HT) di Jababeka Competion Center (JCC), Desa Cikarang Baru, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi, Rabu (26/11/2014).

Materi kuliah umun itu dalam bentuk Talkshow CEO Talk President University Major Association (PUMA) of Management bertema Kewirausahaan dan Kepemimpinan.

Ratusan mahasiswa pun terlihat antusias mendengarkan kuliah umum dan sesi tanya jawab dengan HT.

Ratusan mahasiswa yang mengikuti kuliah umum tersebut berasal dari Fakultas Bisnis, Tekhnik, Komunikasi, dan Hukum. Bahkan dalam kuliah umum dan talkshow tersebut, HT berdialog menggunakan bahasa Inggris. Di kampus tersebut, berbahasa Inggris merupakan sebuah kewajiban.

Dalam kuliah umumnya, HT menceritakan tentang awal dirinya membangun bisnis hingga menjadi seorang pengusaha dan menjadi CEO MNC Group.

Untuk menjadi sukses, kata HT, harus ada perencanaan sejak mahasiswa, serta memiliki visi. Menurut dia, setiap orang harus jeli dalam melihat peluang. "Kita harus jeli dan membuka peluang menjadi bisnis," katanya.

Kunci untuk menjadi wirausaha sukses, kata dia, jangan menjadi pengikut. Misalnya, bisnis yang dijalankan MNC Group sangat berbeda dengan group lainya.

HT menambahkan bahwa ekonomi kreatif mempunyai nilai tambah yang luar biasa dengan modal yang tidak terlalu besar. Namun, perlu keterampilan dan keseriusan.

"Yang penting kemampuan untuk berusaha, dan belajar bisnis, " ujarnya kepada ratusan mahasiswa.

Dia mengatakan beberapa jenis usaha yang masuk dalam ekonomi kreatif adalah melukis, film, fesyen, animasi, serta yang terkait dengan internet. Misalnya, Facebook, Wechat dan online shop.

"Motivasi untuk berjiwa bisnis dan kreatif memang harus ada sejak mahasiswa," ujarnya.

Dalam kegiatan itu, HT memberikan perspektif dan motivasi kepada para mahasiswa agar bisa menjadi entrepreneur.

Menurut dia, jumlah pengusaha di Indonesia sangat sedikit, di bawah 2% dari total penduduk. Padahal syarat menjadi negara maju adalah memiliki minimal dua persen pengusaha.

Sebagai motivasi, HT juga memberikan beberapa gambaran mengenai orang-orang yang sukses pada usia muda.

Dia meyakini fokus pada kualitas baik kualitas ibadah kepada pencipta, kualitas internal dan eksternal, serta bekerja dengan kecepatan maka seseorang akan meraih kesuksesan.

Secretary of President University Foundation, Sunanto Wijaya mengatakan kegiatan ini memotivasi masyarakat. "Kami berharap mahasiswa kami bisa termotivasi dengan hadirnya Pak Hary Tanoe, " katanya.

Mahasiswi Management Perhotelan, Violetta Zhang mengaku kuliah umum ini sangat menarik perhatian mahasiswa.

"Dengan adanya kegiatan ini, kami sangat termotivasi untuk membuka lapangan kerja baru, dan secara tidak langsung dengan motivasi itu bisa membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran," ujar mahasiswi semester 7, Fakultas Bisnis President University.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6330 seconds (0.1#10.140)