Alumni Unsoed Gelar Musyawarah Nasional

Jum'at, 21 Agustus 2015 - 19:56 WIB
Alumni Unsoed Gelar Musyawarah Nasional
Alumni Unsoed Gelar Musyawarah Nasional
A A A
JAKARTA - Para alumni Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) yang tergabung dalam Keluarga Alumni Unsoed (KA Unsoed) akan menggelar Musyawarah Nasional Alumni (Munas) ke-II, Sabtu 22 Agustus besok.

Acara yang akan dihadiri perwakilan alumni Unsoed dari seluruh Indonesia ini, mengambil tempat di Gedung Rektorat lantai 1 Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto.

Dengan mengusung tema "Meningkatkan Peran Alumni dalam Memajukan Unsoed", acara ini diharapkan menjadi ajang rembuk bersama dalam merumuskan program-program yang memperkuat jaringan antar alumni, serta membangun relasi yang saling mendukung antara alumni dan pihak kampus Unsoed.

Munas ini juga diharapkan mampu menghasilkan rekomendasi peran alumni untuk meningkatkan kualitas kampus Unsoed mencapai visinya menjadi World Class Civic University.

“Secara internal, tujuan munas ini adalah menghimpun potensi alumni serta memperkuat jaringan alumni unsoed di seluruh Indonesia. Potensi kolektif ini positif agar alumni unsoed dapat saling membantu satu sama lain,” jelas Ketua Panitia Munas Unsoed Prof Totok Agung dalam keterangan yang diterima Sindonews, Jumat (21/8/2015).

Agenda penting dalam gelaran munas ini adalah, Pemilihan Ketua dan Pengurus Alumni Unsoed Periode 2015-2020, pembentukan badan usaha milik alumni. Terkait badan usaha, Totok berharap, bisa menjadi wadah pengembangan usaha yang hasilnya akan digunakan untuk membantu sesama alumni.

Tujuan selanjutnya dari Munas Alumni Unsoed ini adalah merumuskan peran aktif alumni dalam menyikapi masalah kemasyarakatan di tingkat nasional. Seperti memberikan masukan atas kebijakan publik dari pemerintah.

“Sudah saatnya alumni Unsoed berkiprah dan berperan aktif menyikapi dan menyelesaikan masalah-masalah kebangsaan. Munas ini akan merumuskan langkah-langkah strategis bagi alumni untuk turut menyumbang pikiran untuk solusi kebangsaan,” kata Totok.

Apalagi, kata Totok, banyak alumni Unsoed yang berperan dalam sektor-sektor strategis, baik di swasta, pejabat publik, peneliti, LSM maupun media. Beberapa di antaranya seperti Haiban Hadjid (Pengusaha IT Nasional/Ketua KAUnsoed 2013-2015), Astera Primanta Bakti (Staf Ahli Menteri Keuangan) dan Nasihin Masha (Pemimpin Redaksi Republika).

Kemudian, Ir. Wiratno M.Sc, Phd (Pimpinan Balai Penelitian Tanah Kementerian Pertanian), Final Prajnanta (CEO Royal Agro Indonesia), Erie Sasmito (Pengusaha furniture pasar ekspor), Prof, Dr. Rudi Priyadi MS (Rektor Universitas Siliwangi), Singgih Wiranto (Dirjen Pembangunan Daerah Kementerian Desa dan PDT), Tulus Abadi (Direktur YLKI), dan Prof Totok sendiri yang merupakan Guru Besar Fakultas Pertanian Unsoed dan meraih penghargaan Inovator unggulan dari Kemenristekdikti.

“Semoga munas ini mampu merumuskan strategi dan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas lulusan Unsoed di tingkat nasional maupun internasional,” tutup Totok.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6476 seconds (0.1#10.140)