Peran Generasi Milenial Harus Dimaksimalkan

Jum'at, 20 Juli 2018 - 13:04 WIB
Peran Generasi Milenial Harus Dimaksimalkan
Peran Generasi Milenial Harus Dimaksimalkan
A A A
BANDUNG - Potensi pariwisata Indonesia dinilai belum tergali maksimal. Ditengarai hal itu salah satunya akibat minimnya promosi. Karena itu untuk memaksimalkan potensi tersebut pemerintah diminta terus memaksimalkan peran generasi milenial untuk mendongkrak sektor pariwisata.

Anggota Komisi X DPR Ledia Hanifa Amaliah mengatakan, generasi milenial yang sangat akrab dengan teknologi internet dan media sosial (medsos) dapat menjadi ujung tombak promosi pariwisata. Bukan hanya promosi pariwisata di dalam negeri, tetapi hingga ke seluruh dunia.

”Mereka sudah sangat familier dengan medsos dan internet, banyak yang bisa mereka kerjakan. Kalau mereka bisa didorong untuk promosi pariwisata, cakep banget," ujar Ledia saat Pelatihan Dasar SDM Kepariwisataan (Pariwisata Goes To Campus) di STIE INABA, Bandung, Jawa Barat, kemarin.

Agar peran mereka maksimal, generasi milenial itu harus diberi pemahaman tentang pariwisata. Sebab masih banyak generasi milenial yang memahami pariwisata hanya sebatas destinasi. Padahal, menurut Ledia, pariwisata punya ruang lingkup lebih luas sebagai penggerak roda perekonomian.

“Misalnya saja soal kuliner. Banyak masyarakat yang menilainya itu sebatas kuliner saja. Padahal kuliner juga dapat menjadi objek wisata karena tidak sedikit wisatawan yang hanya datang untuk memburu jenis kuliner tertentu. Belum lagi soal sejarah dan lainnya, itu bisa dijadikan objek wisata," sebut Ledia.

Perkembangan teknologi yang semakin cepat juga memungkinkan mereka mempromosikan dan membantu memasarkan potensi pariwisata di daerah masing-masing.

"Anak-anak muda ini bisa promosi di internet tentang Jabar dan sekitarnya. Misalnya tentang apa yang bisa dilihat atau hal-hal yang menarik. Mereka juga bisa menjadi local guide-nya," tandas Ledia.

Asisten Deputi Pengembangan SDM Pariwisata dan Hubungan Antarlembaga Kementerian Pariwisata Wisnu Bawa Tarunajaya menambahkan, dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, pihaknya terus memberikan pemahaman tentang pariwisata kepada masyarakat, termasuk generasi milenial lewat program Pariwisata Goes To Campus.

"Kami berikan pemahaman dan penyadaran kepada mereka bahwa apa pun sebenarnya bisa menjadi produk pariwisata," katanya. (Agung Bakti Sarasa)
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5713 seconds (0.1#10.140)