MNC Group Bedah Manfaat Medsos di STP Trisakti

Kamis, 25 Oktober 2018 - 23:25 WIB
MNC Group Bedah Manfaat Medsos di STP Trisakti
MNC Group Bedah Manfaat Medsos di STP Trisakti
A A A
JAKARTA - Era digital menjadikan media sosial (medsos) memiliki peran penting dalam kehidupan, dari sekadar tempat berekspresi, berkomunikasi, hingga berinvestasi. Saat ini medsos bahkan telah menjadi ladang bisnis bagi penggunanya.

Jurnalis iNews Abraham Silaban menuturkan, siapa pun bisa memafaatkan medsos. Namun, cara penggunaan yang bijak dan bertanggung jawab lah yang akan membawa efek positif, bahkan keuntungan secara finansial.

"Prinsipnya bagaimana bisa memaksimalkan itu (medsos) sebagai satu momen. Kalau kita nonton aksi mereka (milenial) kebanyakan hanya sebatas hanya untuk kepentingan pribadi, pergaulan dan segala macem. Padahal sekarang sudah berubah bisa menjadi bisnis, hal yang mengangkat profesi mereka masing-masing," kata Abraham di Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, Jakarta Selatan, Rabu (25/10/2018).

Abraham hadir sebagai pembicara Literasi Zaman Now untuk Generasi Milenial. Seminar literasi ini diselenggarakan untuk memeriahkan HUT ke-29 MNC Group. Selain di STP Trisakti, literasi serupa digelar pada 28 kampus lainnya di seluruh Indonesia mulai dari 15 sampai dengan 26 Oktober 2018.

Dalam seminar literasi ini, Abe, panggilan akrab Abraham, juga membedah kaitan antara medsos dan profesi jurnalis. Menurut dia, medsos saat ini sering menjadi sumber informasi. Namun yang membedakan dengan dunia jurnalistik, yakni akurasi, objektivitas dan netralitas.

Dia pun meyamakan dirinya dengan mahasiswa yang harus bersifat objektif terhadap politik maupun pemberitaan. "Bahwa kampus itu bukan bagian dari politik tapi harus objektif," kata Abe.

Literasi Zaman Now berlangsung meriah. Para mahasiswa tampak antusias mengikuti. Ruah pertemuan pun penuh. Selain tema Cara Bijak Menggunakan Gadget, disampaikan juga materi “Investasi Zaman Now” untuk generasi muda.

Seminar literasi untuk memberikan pengetahuan dan wawasan kepada mahasiswa mengenai perkembangan era digital terutama di bidang media dan jasa keuangan. Salah satu fokus pemaparan materi ini yaitu pemanfaatan teknologi/aplikasi pada gadget dan media sosial sebagai sarana dan prasarana produk jurnalistik yang baik dan bertanggung jawab.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4561 seconds (0.1#10.140)