Megawati: Carilah Ilmu Pengetahuan, Jangan Sekadar Gelar

Senin, 06 Januari 2020 - 18:02 WIB
Megawati: Carilah Ilmu Pengetahuan, Jangan Sekadar Gelar
Megawati: Carilah Ilmu Pengetahuan, Jangan Sekadar Gelar
A A A
JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri akan meraih gelar Doktor Honoris Causa (DR HC) dari Universitas Soka di Tokyo, Jepang.

Gelar kehormatan ini menjadi yang kesembilan diraih Presiden Kelima RI tersebut. Bahkan, sehabis Universitas Soka, dijadwalkan akan menerima penganugerahan kembali.

(Baca juga: Wakil Ketua Komisi X DPR Sebut Pembenahan Manajemen Guru Diperlukan)

Megawati mengatakan, tidak tahu kenapa sejumlah universitas di dalam negeri dan luar negeri memberikan gelar tersebut kepadanya.

"Ya saya tidak tahu. Kan bukan saya yang nyari. Orang mungkin melihat saya. Mungkin dengar dari omongan dari pidato saya. Karena bagi saya itu yang juga harus diketahui sering kali anak muda mengejar gelar padahal itu hanya sebuah tanda. Bahwa dia sudah selesai sekolah di sebuah tempat. Padahal yang kita ingin lakukan mencari ilmu pengetahuan," ujar Megawati saat berbincang dengan media di Hotel Prince Park Tower, Tokyo, Jepang (6/1/2020).

Kepada awak media, Megawati pun teringat pesan ayahnya yakni Soekarno ketika dirinya tak dapat menyelesaikan studinya di perguruan tinggi karena keadaan politik saat itu.

"Jadi ketika saya tidak dibolehkan kuliah karena keadaan politik, ayah saya hanya mengatakan begini. 'Udah cari ilmu pengetahuan dimana saja'. Jadi maksudnya saya otodidak," kata Mega.

"Dari situ saya senang baca, bertanya, saya senang diskusi dan hal itu yang mungkin membuat akhirnya ada nilai sehingga orang berikan honoris causa pada saya," tambahnya.

Sebelum berbincang dengan media, Megawati bertemu dengan Pimpinan Soka Gakkai
International dan Universitas Soka Tokyo.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6645 seconds (0.1#10.140)