ILUNI UI Kumpulkan Donasi Rp2,4 Miliar untuk Tanggap Covid-19

Jum'at, 03 April 2020 - 19:07 WIB
ILUNI UI Kumpulkan Donasi Rp2,4 Miliar untuk Tanggap Covid-19
ILUNI UI Kumpulkan Donasi Rp2,4 Miliar untuk Tanggap Covid-19
A A A
JAKARTA - Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) bersama dengan seluruh ILUNI Fakultas dan ILUNI Wilayah berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp2,4 miliar untuk kegiatan Tanggap Covid-19. Donasi yang terkumpul akan disalurkan untuk berbagai kegiatan Tanggap Covid-19 yang disinergikan antara ILUNI UI dan ILUNI Fakultas.

Ketua Umum ILUNI UI Andre Rahadian mengatakan, jumlah donasi tersebut dikumpulkan hingga 2 April 2020 dan telah disalurkan untuk berbagai kebutuhan Tanggap Covid-19.

"Donasi telah kita salurkan untuk berbagai kebutuhan seperti pembuatan Kimi Hand-Care hand sanitizer, donasi konsumsi untuk RSUI dan RSCM dan asrama mahasiswa, serta pemberian disinfektan kepada warga Jakarta," ujar Andre dalam siaran persnya, Jumat (3/4/2020).

Lebih jauh Andre merinci, Kimi Hand-Care hand sanitizer telah dibagikan sebanyak 11 ribu botol dengan ukuran 100 ml, 150 ml, dan 1 L ke berbagai pihak di antaranya rumah sakit dan puskesmas, lembaga masyarakat, rumah peribadatan, serta sekolah-sekolah. Selain itu, sejak akhir Maret hingga 2 April, ILUNI UI bekerja sama dengan Direktorat Pengembangan Karier dan Hubungan Alumni (DPKHA) UI telah menyalurkan donasi konsumsi sejumlah 1.570 kotak makan siang untuk RS UI, serta 300 kotak makan pagi, 750 kotak makan siang, dan 1.150 kotak makan malam untuk para mahasiswa penghuni asrama. ILUNI UI juga membagikan 500 botol disinfektan untuk warga Depok.

Menurut Andre, sinergi yang dilakukan ILUNI UI bersama dengan ILUNI Fakultas dan Wilayah bertujuan menyatukan potensi yang dimiliki dari berbagai rumpun keilmuan di UI. "Berkumpulnya semua potensi alumni bekerja sama dengan kampus dan didukung oleh pihak swasta dalam memberikan bantuan kepada kepada rumah sakit, mahasiswa, dan masyarakat, merupakan contoh yang membanggakan," ujar Andre. (Baca Juga: Positif Corona di Indonesia Bertambah Menjadi 1.986 Orang, 181 Meninggal Dunia).

Kolaborasi tersebut menghasilkan bantuan berupa makanan dan alat pelindung diri (APD) untuk rumah sakit, akses data digital gratis untuk mahasiswa, dan makanan untuk para mahasiswa di asrama, serta hand sanitizer dan tempat cuci tangan portabel untuk masyarakat.

"Tidak ada lagi sekat-sekat ego organisasi dan fakultas, di musibah pandemik ini semua bergabung jadi satu," katanya.

Selain menyalurkan donasi, kontribusi lain yang diberikan ILUNI UI dalam penanganan Covid-19 ini mencakup ranah kebijakan pemerintah. "Melalui diskusi Policy Center, ILUNI UI akan membuat masukan kepada pemerintah terkait kebijakan, kesehatan, ekonomi, dan sosial," ujar Andre.

Selain itu, ILUNI UI juga masuk dalam tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yakni melalui Guru Besar UI Prof Wiku Bakti Bawono Adisasmito sebagai Ketua Dewan Pakar di Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19. Selain itu, Ketua Umum ILUNI UI Andre Rahadian dipercaya sebagai Koordinator Relawan. (Baca Juga: Perang Melawan Corona, Indonesia Butuh 1.500 Dokter dan 2.500 Perawat).

Andre mengundang para alumni, masyarakat mandiri, dan perusahaan untuk menyalurkan donasinya melalui ILUNI UI ke Nomor Rekening 2025806665 ILUNI UI-Bank BNI Cabang UI Depok atau ke Nomor Rekening 070 0000202585 ILUNI UI-Bank Mandiri KC Jakarta Plaza Mandiri. "Kami butuh dukungannya, karena kegiatan ILUNI UI Tanggap Covid-19 ini masih terus berlangsung, setidaknya sampai pemerintah mencabut masa tanggap darurat dan wabah corona mereda."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4961 seconds (0.1#10.140)