16 pelajar berprestasi bertolak ke Kanada

Minggu, 18 Mei 2014 - 14:41 WIB
16 pelajar berprestasi bertolak ke Kanada
16 pelajar berprestasi bertolak ke Kanada
A A A
Sindonews.com – Sebanyak 16 pelajar berprestasi dari berbagai wilayah terpilih mewakili Indonesia dalam ajang Outstanding Students For The World (OSTW) 2014 yang akan digelar di Kanada, 18-25 Mei mendatang. Mereka akan mempromosikan Indonesia, khususnya mengenai prestasi pemuda Indonesia baik di tingkat nasional maupun internasional.

Tadi malam dini hari sekitar pukul 00.10 WIB, mereka mulai bertolak ke Kanada melalui Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta. Pagi ini, Minggu (18/5/2014), rombongan peserta OSTW bersama wartawan KORAN SINDO Abdul Rochim, transit di Hong Kong International Airport sebelum melanjutkan perjalanan menuju Toronto, Kanada.

Selama di Kanada, mereka akan melakukan kunjungan ke KBRI Ottawa, KJRI Toronto, parlemen serta Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Kanada. Para peserta juga akan mempresentasikan prestasi mereka di McGill University, Toronto University, Kipling Collegiate Institute, perusahaan penerbangan Bombardier, Canadian Bureau for International Education (CBIE) dan International Civil Aviation Organization (ICAO).

Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik (IDP) Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI Esti Andayani mengatakan, peserta OSTW 2014 ini terdiri dari 8 siswa dan 8 mahasiswa yang berasal dari berbagai sekolah dan perguruan tinggi di Sumatera, Jawa, Bali, Sulawesi, Maluku dan Papua.

Mereka menyisihkan 86 peserta lain melalui seleksi ketat. Esti menuturkan, OSTW tahun ini merupakan yang keempat kalinya. Sebelumnya kegiatan serupa digelar di Amerika Serikat pada 2011, berikutnya Jepang, dan tahun lalu di Inggris. "Program ini sangat bermanfaat untuk mempromosikan Indonesia di luar negeri. Selama ini pengetahuan dunia akan prestasi generasi muda Indonesia masih kurang,” tuturnya.

Sebelum bertolak ke Kanada, para peserta akan mendapatkan pelatihan mengenai hubungan bilateral Indonesia-Kanada, perkembangan diplomasi publik, perlindungan warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri, public speaking, serta teknik penyusunan dan penyampaian presentasi.

Wakil Menteri Luar Negeri Wardhana berharap para pelajar berprestasi ini bisa mempromosikan nama baik Indonesia di luar negeri. Sebab mereka adalah generasi pilihan yang telah mengukir prestasi gemilang tingkat nasional maupun internasional.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7782 seconds (0.1#10.140)