Fakultas di UI yang Paling Diminati Calon Mahasiswa

Sabtu, 07 Juni 2014 - 01:48 WIB
Fakultas di UI yang Paling Diminati Calon Mahasiswa
Fakultas di UI yang Paling Diminati Calon Mahasiswa
A A A
DEPOK - Sebanyak 4.500 mahasiswa baru berbondong bondong masuk Universitas Indonesia (UI) setiap tahun. Untuk menjadi mahasiswa UI bukan hal mudah, apalagi masuk di fakultas yang bisa dibilang favorit.

Adapun fakultas yang paling diminati antara lain kedokteran, psikologi, ekonomi, hukum, komunikasi, dan hubungan internasional. "Masih kedokteran, ekonomi dan masih sama lah seperti yang tahun tahun lalu," kata Pejabat Rektor UI Muhammad Anis, Jumat 6 Juni 2014.

Anis menambahkan jalur masuk UI juga dapat melalui jalur prestasi. Salah satunya diraih oleh Margaretha Silia Kurnia Herin, salah satu peraih nilai UN tertinggi nasional sebesar 54,95, dari SMAN 1 Depok, Jawa Barat.

Lia, begitu ia akrab disapa, masuk UI tanpa tes karena menyabet juara Olimpiade Sains Nasional (OSN) di Fakultas Ekonomi UI. Menanggapi hal itu, Anis mengakui mahasiswa seperti Lia banyak diterima di UI karena pihak fakultas merasa sudah mengakui kemampuan mahasiswa tersebut melalui serangkaian seleksi.

Sementara itu tidak sedikit siswa SMAN 1 Depok yang mendaftar Fakultas Kedokteran UI karena dianggap lebih bergengsi. Jurusan ekonomi dan psikologi pun masih menjadi favorit lainnya.

"Kedokteran, psikologi, ekonomi syariah, mungkin mau coba juga administrasi fiskal UI," kata Andini dan Shinta, alumni siswa SMAN 1 Depok yang lulus tahun ini.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8998 seconds (0.1#10.140)