Jakarta Edupreneur Festival Tembus 2.000 Peserta

Senin, 09 Maret 2015 - 15:54 WIB
Jakarta Edupreneur Festival Tembus 2.000 Peserta
Jakarta Edupreneur Festival Tembus 2.000 Peserta
A A A
JAKARTA - Portal Sindonews.com Bersama Bimbingan dan Konsultasi Nurul Fikri akan menggelar acara Jakarta Edupreneur Festival (JEF) di Istora Senayan, Jakarta, Minggu, 22 Maret 2015.

Salah satu kegiatan yang akan diselenggarakan dalam JEF ini adalah Try Out (TO) akbar untuk menghadapi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2015.

Sapto Waluyo, selaku Pembantu Ketua STT Nurul Fikri mengatakan, sudah sekitar 2000 peserta mendaftar untuk mengikuti JEF ini. Pasalnya kata dia, panitia JEF saat ini tengah melakukan roadshow pada sekolah menengah atas seluruh Indonesia.

"Pendaftar TO saat ini sekitar 2.000 siswa. Tapi, peserta akan semakin bertambah karena tim sedang melakukan road show ke SMA/SMK/Madrasah Aliyah," ujar Setyo saat dikonfirmasi, Senin (9/3/2015).

Selain siswa kelas XII saat ini kata dia, alumni SMA/SMK/MA thn 2013-2014 juga bisa mengikuti TO SBMPTN ini.‎ Sapto mengungkapkan, manfaat dari mengikuti TO pada JEF ini sangat besar, karena usai mengikuti TO ini peserta dijamin akan lebih siap menghadapi SBMPTN.‎

"Siswa dapat mengukur kemampuan masing-masing menjelang UN. Sehingga bisa lebih siap menjelang SBMPTN nanti," jelasnya.

Event JEF ini lanjut Sapto, terutama TO Online dapat diikuti oleh seluruh siswa di pelosok Indonesia. Sehingga mereka punya peluang sama untuk menguji kemampuan dengan para siswa di Jakarta dan Pulau Jawa.

"Kita berharap banyak bibit terbaik muncul dari berbagai daerah," ungkapnya.

Kualitas soal TO yang dibuat kata dia, telah sesuai standar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.‎ Kemudian hasil TO ini juga akan membuat siswa mengetahui potensi diri yang dimilikinya.

"Sehingga bisa mengatur strategi lebih baik, misalnya memilih jurusan atau prodi yang lebih tepat," tuntas Sapto.

Acara JEF ini akan dimulai pukul 07.00 WIB hingga 20.00 WIB. Selain TO akbar juga akan ada sosialisasi kebijakan SBMPTN, lomba matematika. Sindonews juga akan menggelar seminar entrepreneurship dengan mendatangkan Founder Yayasan Pro Indonesia Budi Satria Isman, serta workshop dan demo robot oleh komunitas robot Indonesia.

Tak hanya itu, acara yang tanpa dipungut biaya ini juga akan diisi berbagai pameran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), serta penampilan sejumlah band.

‎Bagi yang ingin mengikuti try out, bisa langsung mendaftarkan dengan cara mengakses www.nurulfikri.ac.id atau info@nurulfikri.ac.id. Khusus try out online SBMPTN akan digelar 14 Maret. Pendaftarannya dimulai 25 Februari - 12 Maret 2015.

JEF menyediakan Rp100 juta untuk para peserta yang mengikuti acara. Para pemenang try out offline dan online akan diumumkan setelah penutupan acara.

Untuk lomba matematika, hadiah juara pertama adalah Rp3 juta, juara kedua Rp2 juta dan juara ketiga Rp1,5 juta. Sementara hadiah try out online bagi IPA dan IPS yakni, Rp5 juta untuk juara pertama, Rp3,5 juta untuk juara kedua, dan Rp2,5 juta untuk juara ketiga.‎
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2745 seconds (0.1#10.140)