20 PTN Penerima KIP Kuliah Terbanyak di SNMPTN 2022, Panduan SNBP 2023

Kamis, 26 Januari 2023 - 14:01 WIB
20 PTN penerima KIP Kuliah terbanyak di SNMPTN 2022 bisa menjadi panduan untuk mendaftar SNBP 2023. Foto/Ilustrasi/SINDOnews.
JAKARTA - KIP Kuliah atau Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah disediakan pemerintah untuk membantu mahasiswa tidak mampu yang berprestasi. Calon mahasiswa baru pun bisa mendaftar KIP Kuliah di perguruan tinggi negeri ( PTN ).

KIP Kuliah menjadi jaminan dari pemerintah bagi lulusan SMA, SMK, MA, dan yang sederajat untuk bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Pada 2022 ada perubahan skema KIP Kuliah yang berganti nama menjadi KIP Kuliah Merdeka. Penerima KIP Kuliah kini diperluas aksesnya untuk bisa kuliah di berbagai program studi unggulan di kampus-kampus terbaik seluruh Indonesia.

Penerima KIP Kuliah akan diberikan biaya pendidikan yang sesuai dengan akreditasi kampus. Selain itu juga diberikan biaya hidup yang didasarkan pada hasil survei besaran biaya hidup kota/kabupaten dan survei ekonomi nasional BPS.

Pada 2022, Puslapdik Kemendikbudristek kembali menyalurkan bantuan dengan target 200 ribu mahasiswa. Sekaligus terus menjamin penyaluran KIP Kuliah dan Bidikmisi on going.

Baca juga: Calon Mahasiswa UGM, Begini Skema Bantuan Keringanan UKT yang Perlu Kalian Tahu

Pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 ada 20 PTN penerima peserta KIP Kuliah terbanyak. Dikutip dari paparan LTMPT, berikut ini daftarnya.

1. Universitas Negeri Padang: 1.379 peserta

2. Universitas Lampung: 1.093 peserta

3. Universitas Syiah Kuala: 1.021 peserta
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More