5 Rektor UGM Termuda Saat Pertama Kali Menjabat

Kamis, 30 Maret 2023 - 09:19 WIB
Rektor UGM termuda ketika menjabat adalah Prof. Dr. Soeroso H. Prawirohardjo, M.A.. Foto/Dok/Arsip UGM
JAKARTA - Universitas Gadjah Mada ( UGM ) adalah salah satu kampus terbaik di Indonesia yang menjadi incaran banyak calon mahasiswa. Ternyata, UGM pernah dipimpin oleh sederet rektor muda bahkan ada yang baru berusia 33 tahun.

Berdasarkan hasil penelusuran tim Litbang MPI, berikut adalah 5 rektor UGM termuda saat pertama kali menjabat.

1. Soeroso Prawirohardjo



Rektor UGM termuda ketika menjabat adalah Prof. Dr. Soeroso H. Prawirohardjo, M.A. Lahir pada 1935 di Semarang, ia mengabdi sebagai rektor UGM pada tahun 1968 sampai 1973. Artinya, saat menjabat sebagai rektor usianya baru 33 tahun.



Soeroso menempuh pendidikan sarjananya di UGM dengan jurusan Hubungan Internasional. Setamatnya dari UGM, ia melanjutkan kuliah masternya di ilmu politik University of Pittsburgh. Selanjutnya, gelar S3 ia dapatkan dari University of Oxford pada bidang ilmu politik.

2. Sukadji Ranuwihardjo



Ketika mendapat amanah sebagai Rektor UGM, Prof. Dr. Sukadji Ranuwihardjo, MA, berusia 42 tahun. Pria kelahiran Blitar, 9 November 1931 ini juga merupakan alumnus UGM dengan jurusan ekonomi.

Gelar masternya ia peroleh dari University of California dan kembali lagi ke UGM untuk menuntaskan pendidikan doktoralnya. Selain menjadi dosen, Sukadji juga tercatat pernah menjadi anggota DPRS tahun 1968 sampai 1970. Wafat pada tahun 2007, nama Sukadji diabadikan menjadi nama auditorium Magister Manajemen di UGM.

3. M. Nazir Alwi

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More