Ini Perbandingan Fasilitas Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta

Jum'at, 14 April 2023 - 14:59 WIB
Universitas Indonesia. Foto/Dok/Humas UI
JAKARTA - Memilih perguruan tingginegeri maupun swasta untuk berkuliah bukanlah hal yang mudah. Hal ini karena banyak aspek penting yang harus dipertimbangkan yang nantinya akan mempengaruhi jalannya studi.

Contohnya adalah pilihan antara kampus swasta dan negeri. Antara kampus negeri dan swasta terdapat perbedaan dalam berbagai aspek. Termasuk juga aspek fasilitas yang akan dirasakan oleh mahasiswanya.



Untuk membantu membuat keputusan pilihan kuliah yang tepat, berikut ini beberapa perbandingan fasilitas kampus negeri dan kampus swasta yang bisa calon mahasiswa pertimbangkan.



1. Luas Kampus

Perbandingan yang cukup signifikan antara luas kampus swasta dan luas kampus negeri cukup dapat terlihat. Biasanya, kampus negeri akan memiliki area yang lebih luas dibandingkan kampus swasta. Hal ini mengingat kampus negeri sudah didukung oleh pemerintah.

Tak hanya itu, ada beberapa kampus negeri yang memiliki kampus cabang di lokasi berbeda, sementara kampus swasta biasanya lebih terpusat di satu lokasi.



2. Bangunan

Bangunan yang biasanya dimiliki kampus negeri biasanya sudah berumur tua karena dibangun puluhan tahun yang lalu. Namun banyak bangunan di kampus negeri yang saat ini sudah direnovasi.

Sedangkan di kampus swasta, masih banyak ditemui bangunan-bangunan baru yang menunjang pembelajaran mahasiswanya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More