FK dan FKG Unair Jadi yang Terbaik di Indonesia Versi THE WUR by Subject 2023

Senin, 17 April 2023 - 12:41 WIB
FK dan FKG Unair menduduki posisi terbaik pertama di Indonesia berdasarkan THE WUR by Subject 2023. Foto/:Laman Unair.
JAKARTA - Fakultas Kedokteran (FK) dan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unair merupakan fakultas tertua di kampus tersebut. Namun prestasi diraih keduanya pada THE WUR by Subject 2023.

Berdasarkan Times Higher Education (THE) World University Rankings by Subjects of Clinical and Health in The Field of Medicine and Dentistry 2023, FK dan FKG menduduki peringkat pertama secara nasional, peringkat 10 di Asia Tenggara, dan peringkat 601-800 di dunia.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair) Prof Budi Santoso menyampaikan, diraihnya predikat ini membuktikan bahwa FK dan FKG Unair dapat saling melengkapi sehingga bisa menjadi yang terbaik di Tanah Air.

Strategi Menjadi yang Terbaik



Prof Bus, sapaan akrabnya, menjelaskan, untuk mencapai predikat terbaik maka semua aktivitas dan program di FK dan FKG selalu menjalin kerja sama dengan mitra luar negeri sehingga dapat berdampak cukup signifikkan bagi keduanya.

Di Fakultas Kedokteran, kerja sama internasional tersebut dengan mengundang sebanyak-banyaknya adjunct professor atau profesor tamu.

Baca juga: Mengenal Clareta Milena, Mahasiswa Peraih IPK Tertinggi pada Wisuda April ITB 2023

Ada empat tugas adjunct professor. Yakni, memberikan kuliah, kolaborasi dalam penelitian, kolaborasi dalam publikasi, dan menjadi promotor atau co-promotor dari staf departemen yang mengangkatnya.

“Saat ini di FK telah memiliki sebanyak 25 adjunct professor. Dan di bulan Mei nanti Insya Allah akan bertambah tiga lagi dari Leiden University,” katanya, dikutip dari laman Unair, Senin (17/4/2023).

Selain itu, syarat publikasi untuk lulusan S2, S3, SP1, dan SP2 harus secara internasional dan terindeks Scopus. Hal ini tentunya dapat mendongkrak perankingan yang ada di FK maupun FKG.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More