20 Beasiswa Luar Negeri untuk S1 dan S2 2023, dari Fulbright, Chevening, hingga MEXT Jepang

Kamis, 27 April 2023 - 09:04 WIB
Beasiswa luar negeri. Foto/Ist
JAKARTA - Bisa kuliah di luar negeri dengan beasiswa penuh merupakan impian hampir setiap mahasiswa. Terutama bagi calon mahasiswa yang memiliki segudang prestasi baik akademik maupun non akademik, tapi terkendala kondisi ekonomi.

Saat ini, ada banyak lembaga pemerintahan di berbagai negara, instansi swasta, hingga organisasi kemanusiaan yang menyediakan kesempatan bagi pelajar kurang mampu untuk bisa merasakan duduk di bangku kuliah.



Program yang diusung tersebut dikenal dengan nama beasiswa, mulai dari pemberian bantuan biaya hidup hingga gratis seluruhnya (fully funded).

Berdasarkan hasil penelusuran SINDOnews, berikut deretan beasiswa luar negeri untuk jenjang S1, serta pascasarjana S2 hingga S3 tahun penerimaan 2023.

Daftar Beasiswa S1 dan S2 Luar Negeri 2023:



1. Fulbright

Pemerintah Amerika Serikat (AS) meluncurkan program Beasiswa Fulbright untuk pelajar internasional yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 dan S3.

Beasiswa ini menerima pendaftar untuk semua program studi terkecuali studi medicine (patient care atau clinical patient contact). Pembukaan registrasi biasanya pada Januari sampai Februari setiap tahunnya.

2. Chevening

Pemerintah Inggris memberi peluang kepada pelajar internasional yang hendak belajar pada jenjang Master melalui beasiswa Chevening. Program ini dikhususkan untuk kandidat yang memiliki pengalaman bekerja minimal dua tahun. Pendaftaran beasiswa kuliah di Negeri Ratu Elizabeth umumnya dibuka pada Agustus sampai November setiap tahun.

3. Global Korea Scholarship (GKS)

Selain menawarkan beasiswa S1, S2, dan S3, Pemerintah Korea Selatan juga memberi bantuan biaya penelitian untuk dosen pertukaran dan pasca doktoral melalui program Global Korea Scholarship.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More