Pendaftaran Beasiswa ADik 2023 Dibuka, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

Sabtu, 20 Mei 2023 - 09:03 WIB
Pendaftaran beasiswa ADik 2023 telah dibuka. Foto/Shutterstock.
JAKARTA - Kemendikbudristek kembali membuka pendaftaran beasiswa ADik 2023. Beasiswa ini diberikan bagi calon mahasiswa baru dari Papua, 3T, dan juga anak PMI.

Beasiswa ADik atau Afirmasi Pendidikan Tinggi adalah beasiswa yang diberikan kepada calon mahasiswa yang kondisi dan keberadaanya mengalami kesulitan dan keterjangkauan jenjang akses pendidikan tinggi.

Skema bantuan beasiswa ADik 2023 terdiri atas beasiswa ADik untuk siswa Wilayah Papua baik yang direkomendasikan oleh pemerintah daerah.

Kemudian untuk jalur siswa beasiswa Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) atau yang mendaftar secara mandiri. Beasiswa ADik juga diberikan untuk siswa anak Pekerja Migran Indonesia (PMI) di perbatasan Indonesia.

Kemudian untuk siswa asal daerah khusus yang mengacu pada Permendikbud No 14/2021 tentang Perubahan atas Permendikbud Nomor 23 Tahun 2020 tentang Pedoman Penetapan Daerah Khusus dalam Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Nasional.

Baca juga: Universitas Pertamina Buka Beasiswa Ujung Negeri, Kuliah Gratis, Tunjangan Hidup, dan Asrama



Dikutip dari laman Afirmasi Pendidikan Tinggi, berikut ini syarat dan ketentuan beasiswa ADik 2023 untuk siswa dari wilayah Papua, ADEM, 3T dan anak PMI.

Persyaratan Beasiswa ADik

1. Warga negara Indonesia yang merupakan siswa SMA, SMK atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus 1 (satu) tahun sebelumnya

2. Terdaftar pada SIM ADik dengan kelengkapan data: Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), dan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More