Calon Mahasiswa, Ini 5 Inovasi Digital yang akan Mengubah Masa Depan Dunia Bisnis

Jum'at, 02 Juni 2023 - 21:32 WIB
Teknologi Digital. Foto/Ist
JAKARTA - Di masa kini, berbagai bidang bisnis, mulai dari restoran hingga transportasi publik, sangat bergantung pada kecerdasan teknologi yang digunakan. Jika tidak bisa memanfaatkan teknologi dengan baik, masa depan bisnis bisa terancam.

Untuk bisa sejalan dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, bisnis perlu membuahkan ide-ide inovasi digital. Bukan sembarang inovasi digital , melainkan harus bisa memberikan pengalaman pelanggan yang kukuh sekaligus mampu melampaui ekspektasi mereka.



Berikut 5 inovasi digital yang akan mengubah masa depan bisnis:



1. Cloud Computing



Penggunaan layanan ini akan semakin pesat di masa depan. Hal tersebut dapat dilihat dari pengeluaran untuk infrastruktur cloud computing yang terus bertumbuh dan diperkirakan akan mencapai 81 miliar per 2022.



Mengapa inovasi digital ini sangat penting untuk bisnis di kemudian hari? Itu karena cloud computing cocok untuk perusahaan yang tidak ingin ribet mengurus infrastruktur TI, apalagi mengingat pemeliharaannya yang membutuhkan dana cukup besar. Selain itu, cloud computing juga memudahkan transaksi digital dan penyimpanan data.



2. Teknologi Blockchain



Blockchain merupakan metode registrasi informasi yang dibuat sedemikian rupa sehingga tidak mudah diubah atau diretas. Teknologi ini menjadi buku besar transaksi digital yang direplikasi dan didistribusikan ke seluruh jaringan sistem komputer dalam blockchain.

Pasar teknologi blockchain diperkirakan akan mencapai USD394,6 miliar pada 2028. Kurang lebih, pertumbuhan blockchain berada pada 82,4 persen CAGR (Compound Annual Growth Rate) dari 2021 hingga 2028. Pertumbuhan pasar ini didorong oleh nilai bunga lembaga keuangan.



Blockchain menjadi inovasi digital yang bermanfaat bagi sektor ritel dan perbankan. Hal ini karena teknologi blockchain menghapuskan proses autentikasi, mempercepat rasio penyelesaian transaksi, serta mengurangi rasio eror.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More