Perbedaan Universitas Terbuka dengan Kampus pada Umumnya

Jum'at, 09 Juni 2023 - 14:47 WIB
Universitas Terbuka (UP). Foto/Dok/UT
JAKARTA - Universitas Terbuka (UT) merupakan perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia yang diresmikan sejak 4 September 1984 berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984.

Menariknya, Universitas Terbuka memiliki beberapa aspek yang membedakan dari universitas lain. Apa saja itu? Berikut perbedaan Universitas Terbuka dengan universitas pada umumnya.



Perbedaan Universitas Terbuka dengan universitas pada umumnya:



1. Sistem Perkuliahan

Tak seperti universitas pada umumnya yang menerapkan sistem perkuliahan secara tatap muka, Universitas Terbuka menerapkan sistem perkuliahan melalui daring atau jarak jauh dan terbuka.

Artinya, pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka, melainkan menggunakan media, seperti modul atau audio/video, komputer, siaran radio dan televisi.

Sementara, maksud dari terbuka adalah saat penerimaan mahasiswa baru tidak ada pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi dan frekuensi mengikuti ujian.



2. Cara Belajar Mahasiswa

Pada umumnya, mahasiswa di universitas lain akan mendapat materi serta penjelasannya langsung oleh dosen mata kuliah terkait. Namun tidak untuk mahasiswa Universitas Terbuka, mereka diharapkan dapat belajar secara mandiri.

Cara belajar tergantung pada kehendak dan inisiatif mahasiswa. UT hanya menyediakan bahan ajar yang dibuat khusus untuk dipelajari secara mandiri. Selain bahan ajar yang disediakan, mahasiswa bisa memanfaatkan perpustakaan untuk mendukung kegiatan pembelajaran.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More