Tips dan Trik Lolos Beasiswa Cendekia Baznas, Biar Dapat Bantuan Biaya Kuliah

Rabu, 12 Juli 2023 - 08:51 WIB
Tips dan trik lolos beasiswa Cendekia Baznas. Foto/Baznas.
JAKARTA - Beasiswa Cendekia Baznas merupakan program Badan Amil Zakat Nasional ( Baznas ) yang menyediakan bantuan dana pendidikan untuk mahasiswa di kampus yang sudah menjadi mitra. Unair saat ini telah menjadi salah satu perguruan tinggi yang menjadi mitra Beasiswa Cendekia Baznas.

Beasiswa Cendekia Baznas khusus bagi mahasiswa tingkat Diploma-IV (D4) dan sarjana (S1) yang sedang menempuh studi (on-going) di kampus. Penerima Beasiswa Baznas Angkatan 4 dari FKP Unair Mela Afrida Dika menjelaskan, beasiswa ini memberikan bantuan uang kuliah tunggal untuk mahasiswa mulai dari semester lima hingga semester delapan.

"Penerima beasiswa ini juga akan mendapatkan mentoring setiap bulan dan ikut andil dalam kegiatan pengabdian masyarakat,” jelas Mela, dikutip dari laman Universitas Airlangga (Unair), Selasa (12/7/2023).

Tips dan Trik Beasiswa Cendekia Baznas



Mela membagikan tips saat lolos dalam beasiswa ini. Ia menjelaskan, esai untuk beasiswa ini harus menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar serta mudah untuk seseorang memahami.

Topiknya, menurut Mela, harus yang memungkinkan untuk direalisasikan. Jika sudah lolos pemberkasan maka tahap selanjutnya adalah wawancara.

Baca juga: Beasiswa Cendekia Baznas 2023 Dibuka, Ini Cara Pendaftarannya

“Dalam proses wawancara harusnya menggunakan pakaian yang sopan dan rapi serta memperhatikan sikap. Saat interview akan muncul beberapa pertanyaan, salah satunya adalah mengenai role model. Role model tidak perlu tokoh besar," ujarnya.

"Orang atau tokoh terdekat juga dapat menjadi role model. Selain itu kita juga akan mendapat pertanyaan mengenai minat bakat dan peran kita dalam masyarakat,” lanjutnya.

Surat Rekomendasi

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More