6 Jurusan Kuliah yang Bisa Kerja di Bandara Selain Pilot, Kamu Tertarik?

Rabu, 12 Juli 2023 - 10:51 WIB
Bekerja di dunia penerbangan khususnya di bandara menjadi dambaan banyak orang. Untuk bisa bekerja di bandara ada sejumlah jurusan kuliah yang bisa dijadikan tempat studi. Foto/Iaman PSPP penerbangan
JAKARTA - Sejumlah jurusan kuliah ini lulusannya bisa kerja di bandara selain pilot . Tahukah kamu bahwa ternyata ada beragam pilihan jurusan kuliah yang bisa kerja di bandara selain pilot.

Tak kalah dengan profesi pilot, beberapa pilihan jurusan ini juga memiliki prospek kerja cerah. Pekerjaan di bandara yang terkait dengan dunia penerbangan ada sangat banyak. Mulai dari teknisi, air traffic controller, hingga manajemen.Dirangkum dari berbagai sumber, ini 6 jurusan kuliah yang bisa kerja di bandara selain pilot.

Deretan Jurusan Kuliah yang Bisa Kerja di Bandara Selain Pilot

1.Teknik Penerbangan (Aeronautika dan Astronautika)

Teknik Penerbangan adalah pilihan lain jurusan kuliah yang bisa kerja di bandara. Aeronautika dan astronautika mempelajari ilmu pengetahuan di bidang kedirgantaraan.

Ilmu pengetahuan kedirgantaraan sendiri meliputi perancangan, pembuatan, hingga pengoperasian pesawat serta wahana antariksa lainnya.Lantas apa perbedaan antara aeronautika dan astronautika? Aeronautika mempelajari keteknikan pesawat yang dioperasikan di dalam atmosfer bumi.Misalnya pesawat komersil, helikopter, atau pesawat militer. Sedangkan astronautika mempelajari aspek penerbangan di luar atmosfer bumi.

2.Manajemen Penerbangan

Pilihan pertama yaitu jurusan Manajemen Penerbangan. Sesuai namanya, jurusan ini tentu berkaitan erat dengan pengelolaan penerbangan. Jika mengambil studi ini, kamu akan mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana cara menangani flight reservation, cargo handling, ground handling, ticketing.



Selain itu, pada jurusan manajemen penerbangan mahasiswa atau taruna juga mempelajari bagaimana pemeliharaan serta pengoperasian fasilitas keamanan penerbangan.Pada jurusan kuliah yang bisa kerja di bandara ini terdapat tiga program studi (prodi). Kamu bisa memilih diantara tiga prodi berikut:

• Prodi Operasi Bandar Udara (OBU), yaitu mempelajari kecakapan bagi sub sektor perhubungan udara sehingga dapat menunjang sistem penerbangan aman, sehat, terkendali.

• Prodi Manajemen Transportasi Udara (MTU), yaitu mempelajari tentang ilmu pengetahuan pada bidang transportasi udara. Ilmu ini antara lain mencakup kebandarudaraan, jadwal penerbangan, dan lain sebagainya.

• Prodi Administrasi Perhubungan Udara (APU), yaitu studi keadministrasian khususnya bidang dunia penerbangan.

3.Teknik Pesawat Udara

Jurusan kuliah yang bisa kerja di bandara selanjutnya adalah Teknik Pesawat Udara (TPU). Teknik pesawat udara termasuk ke jenjang pendidikan diploma II (D2).
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More