Perbedaan Kalimat Aktif dan Pasif Beserta Contohnya

Senin, 17 Juli 2023 - 08:35 WIB
Perbedaan antara kalimat aktif dan pasif berikut dengan contoh kalimatnya. Foto/Getty Images.
JAKARTA - Perbedaan kalimat aktif dan kalimat pasif beserta contohnya menarik untuk kita simak. Dalam belajar Bahasa Indonesia kita pernah menemukan kalimat aktif dan kalimat pasif. Kedua kalimat ini mempunyai fungsi yang hampir mirip, yakni menyatakan isi pikiran yang disampaikan secara tertulis.

Untuk membedakan kalimat aktif dan kalimat pasif sebetulnya sangat sederhana. Kita bisa mengenali ciri dari isi kalimat tersebut. Maka dari itu, apa yang membedakan antara kalimat aktif dan kalimat pasif?

Perbedaan Kalimat Aktif dan Pasif Beserta Contohnya

Pengertian Kalimat Aktif



Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia kalimat aktif adalah kalimat yang subjeknya melakukan perbuatan dalam predikat verbalnya.

Baca juga: Teks Eksposisi: Penjelasan, Struktur, dan Contoh



Secara sederhana kalimat aktif merupakan kalimat yang subjeknya melakukan aktivitas, tindakan, dan perbuatan. Jika subjek melakukan tindakan atau perbuatan yang dinyatakan predikat.

Maka kalimat tersebutlah yang dinamakan kalimat aktif. Kalimat aktif biasanya terdapat pada kalimat yang predikatnya merupakan kata kerja atau verba aktif. Seperti mencuci, menggambar, menulis, dan sebagainya.

Contoh Kalimat Aktif

Beberapa contoh kalimat aktif yang perlu diketahui :

Kakak menulis buku di ruang tamu.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More