Penting Diketahui, Seperti Ini Jenis dan Struktur Teks Sejarah

Jum'at, 04 Agustus 2023 - 18:02 WIB
Jenis-jenis dan struktur teks sejarah yang membedakannya dengan jenis teks lainnya. Foto/Brittanica.
JAKARTA - Teks sejarah menjadi dokumen yang merekam fakta dan kejadian masa lalu yang menjadi asal muasal sesuatu yang memiliki nilai sejarah. Namun apa yang membedakannya dengan jenis teks lainnya?

Unsur penting dalam teks sejarah adalah fakta-fakta. Teks sejarah yang baik juga harus disampaikan secara runut atau kronologis sesuai dengan waktu terjadinya peristiwa sejarah yang terjadi.

Untuk lebih mengetahui teks sejarah dan bedanya dengan jenis teks lainnya, berikut adalah jenis-jenis dan struktur teks sejarah.

Jenis Teks Sejarah



Jenis teks sejarah terbagi menjadi dua; fiksi dan non-fiksi, berikut penjelasannya.

Baca juga: Pengertian, Ciri, dan Contoh Teks Iklan yang Menarik dan Menjual

1. Teks Sejarah Fiksi



Teks sejarah fiksi berbeda dengan non fiksi karena tidak selalu mengikuti fakta sejarah dengan ketat. Pengarangnya biasanya menggunakan peristiwa sejarah hanya sebagai latar belakang untuk menciptakan suasana cerita.

Sementara itu, tokoh-tokoh dan konflik dalam cerita berasal dari imajinasi pengarang. Tujuan dari teks sejarah fiksi adalah untuk memberikan hiburan belaka.

2. Teks Sejarah Non-Fiksi

Teks sejarah non fiksi merupakan teks yang menggambarkan kembali peristiwa secara kronologis sesuai dengan urutan aslinya.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More