Berapa Gaji Profesi Teknik Sipil di Indonesia? Simak Bocorannya

Senin, 07 Agustus 2023 - 09:29 WIB
Meskipun tergolong tinggi, namun nominal gaji profesi Teknik Sipil akan berbeda-beda tergantung dengan posisi yang diampu ketika bekerja. Foto/shutterstock
JAKARTA - Teknik sipil menjadi salah satu profesi yang memiliki banyak peminat. Salah satu alasannya karena prospek dan gaji seorang yang bekerja sebagai Teknik Sipil tergolong tinggi. Hal inilah yang membuat jurusan Teknik Sipil di seluruh perguruan tinggi tidak pernah sepi pendaftarannya.

Benarkah? Meskipun tergolong tinggi, namun nominal gaji lulusan teknik Sipil akan berbeda-beda tergantung dengan posisi yang diampu ketika bekerja. Seperti apa peluang kerja teknik sipil di Indonesia? Simak prospek sekaligus estimasi gajinya yang dihimpun dari berbagai sumber berikut ya

Estimasi Gaji Profesi Teknik Sipil di Indonesia

Seseorang yang masuk ke jurusan teknik sipil akan mempelajari banyak hal, mulai dari ilmu desain, konstruksi, pemeliharaan lingkungan dan masih banyak lagi. Pembangunan yang dimaksud juga bukan sekedar rumah atau gedung tetapi juga jalan raya, stasiun sampai dengan fasilitas umum.

Melihat dari pengertiannya, ilmu teknik sipil begitu dibutuhkan di masyarakat mengingat pembangunan di setiap daerah selalu meningkat per tahunnya. Soal prospek kerjanya sendiri, seorang dengan keahlian teknik sipil juga bisa membuka bisnis sendiri. Supaya lebih mantab menjatuhkan pilihan untuk kuliah di Jurusan Teknik Sipil, berikut ini estimasi gaji teknik sipil sesuai dengan jenis pekerjaannya .

1. Kontraktor



Salah satu prospek lapangan kerja bagi lulusan teknik sipil yang cukup terkenal adalah kontraktor. Kebanyakan sarjana teknik sipil akan melamar di perusahaan kontraktor baik itu di daerah atau kota besar.

Setiap tahunnya perusahaan kontraktor selalu membutuhkan staff baru sehingga tidak sulit bagi fresh graduate mendapatkan pekerjaan. Gaji teknik sipil untuk jenis pekerjaan ini dimulai dari UMR daerah. Jika Anda berhasil bekerja di Jakarta maka bisa mendapatkan gaji mulai Rp4.900.000 sampai Rp5.500.000.

2. Konsultan Pembangunan



Peluang ini sangat cocok dipilih kamu yang ingin membuka usaha sendiri. Konsultan pembangunan sangat dibutuhkan, khususnya untuk kebutuhan pribadi seperti pembuatan rumah idaman.

Tidak sedikit juga perusahaan konsultan pembangunan yang cukup besar untuk dilamar. Kamu yang berhasil untuk diterima di pekerjaan ini maka bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp5.000.000 sampai Rp8.000.000. Ada jenjang karier untuk bidang ini demi mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More