Bekerja di Mana Lulusan Jurusan Kehutanan? Ini Profesi Keren yang Bisa Ditekuni

Selasa, 08 Agustus 2023 - 14:51 WIB
Jika dicermati lulusan Fakultas Kehutanan sebenarnya memiliki banyak profesi yang bisa digeluti di antaranya aktivis LSM hutan maupun pengusaha ekowisata. Foto/Ist
JAKARTA - Lulusan jurusan kehutanan bisa bekerja dimana?Itu pertanyaan yang bisa jadi diajukan oleh calon mahasiswa yang akan mendaftar ke jurusan Kehutanan. Pertanyaan yang wajar mengingat harus diakui jurusan kuliah yang juga pernah dimasuki Presiden Joko Widodo ini belum begitu familiar disbanding jurusan lain seperti halnya jurusan ekonomi maupun jurusan hukum

Padahal jika dipelajari dengan tekun, lulusan jurusan Fakultas Kehutanan juga tak ‘sesuram’ yang dibayangkan dengan banyak beraktivitas di tengah hutan belantara. Di zaman modern ini, seorang lulusan jurusan Kehutanan tentunya akan sangat diperlukan di berbagai lembaga pemerintah, instansi non-profit, industri pariwisata, furnitur dan sebagainya di masa depan.

Oleh karena itu, kamu bisa mempertimbangkan untuk mengambil jurusan Kehutanan ini apabila kamu memang ingin memiliki karier cemerlang sekaligus berkontribusi pada pemeliharan dan pelestarian hutan di dunia. Dirangkum dari berbagai sumber, ini prospek kerja jurusan Kehutanan.

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Kehutanan

1.Pengusaha



Lulus sebagai sarjana kehutanan (S.Hut), kamu dapat menggeluti profesi sebagai seorang pengusaha, baik jadi pengusaha kayu atau pengusaha di bidang ekowisata.

2. Instansi Pemerintah atau BUMN



Lulusan jurusan Kehutanan juga dapat melirik pekerjaan di instansi pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Kamu dapat bergabung di BUMN khususnya di Perhutani, Inhutani, atau Perkebunan Nusantara.



3. NGO Atau LSM



Prospek karier lulusan Jurusan Kehutanan berikutnya adalah bekerja di NGO (Non Government Organization) dan LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) yang memerlukan para ahli di bidang kehutanan.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More