Apa Dampak Lulus SNBP 2023 Tapi Tak Diambil? Jangan Sampai Terjadi, Ini Risikonya

Kamis, 10 Agustus 2023 - 13:17 WIB
Siswa yang telah lulus SNBP 2023 tetapi tidak diambil maka dia tidak bisa mendaftar melalui jalur seleksi lain seperti SNBT. Foto/laman UNS
JAKARTA - Lulus SNBP 2023 tapi tidak diambil, apa konsekuensinya? Pertanyaan itu mungkin bisa saja terbersit di benak kamu yang mendaftar lewat Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) 2023 tetapi berubah pikiran karena ingin mendaftar melalui seleksi jalur lain.

Sangat penting untuk mempertimbangkan konsekuensi jangka panjang dari pilihan mengambil atau tidak jalur seleksi SNBP baik di bidang pribadi maupun profesional. Dengan memahami implikasi potensial, siswa nantinya dapat membuat keputusan berdasarkan informasi yang sejalan dengan tujuan dan aspirasi mereka. Lalu apakah ada dampak atau konsekuensinya jika kamu lulus SNBP 2023 tapi tidak diambil? Untuk mencari jawaban akan hal itu artikel di bawah ini akan mengulasnya.

Penilaian dalam SNBP 2023



Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) adalah salah satu jalur seleksi masuk perguruan tinggi dengan berdasarkan prestasi. Proses penilaian didasari dengan prestasi yang dimiliki siswa. Berikut penilaian dalam SNBP 2023:

1. Bobot Penilaian



Proses penilaian SNBP 2023 yaitu berdasarkan dua komponen yaitu komponen nilai rata-rata rapor dari seluruh mata pelajaran yaitu bobot minimal 50%, dan komponen penggali minat serta bakat dengan bobot maksimal 50%.

2. Mata Pelajaran Pendukung



Mata pelajaran pendukung adalah mata pelajaran pendukung program studi di PTN (Perguruan Tinggi Negeri).

Mata pelajaran pendukung setiap program studi yang ada di pilihan SNBP dirinci dalam keputusan Mendikbud Ristek RI Nomor 345/M/2022.

3.Komponen Penggali Minat Bakat

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More