25 Kampus Jurusan Arsitektur Favorit di Indonesia, Wujudkan Impian Jadi Arsitek Top

Selasa, 29 Agustus 2023 - 08:53 WIB
Salah satu kampus negeri dengan jurusan Arsitektur terbaik adalah ITB. Program Studi Arsitektur ITB menjadi salah satu sekolah Arsitektur tertua di Indonesia dan Asia Tenggara. Foto/laman ITB
JAKARTA - Ini daftar 25 kampus dengan jurusan Arsitektur favorit di Indonesia. Apakah kamu bercita-cita jadi seorang arsitek atau memiliki keinginan untuk membuat sebuah bangunan mengagumkan nan estetik? Jika jawabannya iya, kuliah di jurusan Arsitektur adalah salah satu jalannya.

Saat ini ada banyak kampus yang menawarkan jurusan Arsitektur. Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi mencatat beberapa bahkan direkomendasikan alias terbaik dan telah mengantongi akreditasi A. Dirangkum dari berbagai sumber, artikel kali ini akan mengulas daftar 25 kampus dengan jurusan Arsitektur terbaik di Indonesia yang bisa menjadi bahan referensimu.

Perguruan Tinggi Negeri dengan Jurusan Arsitektur Terbaik

1.Institut Teknologi Bandung (ITB)



Institut Teknologi Bandung sudah berdiri sejak tahun 1950. Bisa dikatakan bahwa Program Studi Arsitektur ITB menjadi salah satu sekolah arsitektur paling tua di Indonesia dan Asia Tenggara. Awalnya, Program Studi Arsitektur di ITB menjadi bagian dari Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. Akan tetapi, sejak tahun 2005, jurusan ini berpindah ke bawah naungan Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK). Program Studi Arsitektur ITB ini juga sudah mengantongi akreditasi internasional

2.Universitas Indonesia (UI)



UI didirikan pada tahun 1947. Perlu kamu ketahui bahwa universitas Indonesia kebanggaan negeri ini sudah menduduki peringkat ke 909 terbaik di dunia sekarang. Luar biasa bukan. Untuk perkiraan biaya kuliah jurusan Arsitektur terbaik di UI sekitar Rp65.000.000. Tentunya sangat cocok dengan kelengkapan fasilitas yang ada serta pembimbing profesional yang dimiliki oleh Universitas Indonesia.

3.Universitas Gadjah Mada (UGM)



Bisa dibilang jurusan arsitektur menjadi salah satu jurusan unggulan di Universitas Gadjah Mada. Saat baru pertama didirikan pada tahun 1962, Jurusan Teknik Arsitektur dan Perencanaan UGM hanya menyediakan satu Program Studi untuk jenjang S1.

Akan tetapi pada tahun 2009, ia telah memiliki delapan Program Studi untuk jenjang S1, S2, dan S3. Jurusan Teknik Arsitektur dan Perencanaan UGM berada di bawah naungan Fakultas Teknik.

4.Universitas Diponegoro (Undip)

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More