Sekolah Pajak Vs Kursus Pajak, Berbeda Atau Sama? Ini Jawabannya

Rabu, 30 Agustus 2023 - 14:13 WIB
Ada sejumlah perbedaan antara sekolah pajak dengan kursus pajak, salah satunya terkait pengajarnya. Sekolah pajak mewajibkan pengajarnya memiliki keahlian bidang pajak, sedangkan di kursus pajak tidak ada ketentuan khusus. Foto/youtube
JAKARTA - Ini perbedaan antara sekolah pajak dan kursus pajak yang perlu diketahui. Secara umum, sekolah maupun kursus sama-sama merupakan wadah untuk mendapat ilmu. Namun jika dikaji lebih dalam, tentunya keduanya memiliki perbedaan cukup signifikan. Untuk lebih memahami secara utuh apa perbedaan antara sekolah pajak dan kursus pajak , artikel kali ini akan membahasnya

Sekilas Mengenal Sekolah Pajak



Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sekolah merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang mana wajib dimiliki seluruh masyarakat Indonesia. Sedangkan, pajak memiliki definisi sebagai kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan undang-undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara.



Apabila ditanya apa itu sekolah pajak, maka dapat dikatakan sebagai tempat atau lembaga pendidikan formal yang mengajarkan atau berfokus pada pemahaman mengenai perpajakan, mulai dari hak hingga kewajibannya.

Jenis Sekolah Pajak



Hingga saat ini, perpajakan menjadi salah satu jurusan perkuliahan dengan ragam pilihan program hingga jenjang yang memerlukan kecermatan dalam pertimbangan. Perpajakan juga masih menjadi salah satu jurusan kuliah yang dicita-citakan oleh beberapa anak yang memang memiliki background Ilmu Pengetahuan Sosial.

Namun, apakah kalian tahu bahwa sekolah perpajakan itu memiliki banyak pilihan? Mulai dari jenjang kuliahnya hingga kampus atau sekolahnya, ada banyak hal yang perlu kita ketahui tentang sekolah jurusan perpajakan.

Pada tingkat pendidikan tinggi ini, perpajakan menjadi sebuah jurusan atau program studi tempat di mana seorang belajar tentang seluk beluk pajak. Ada begitu banyak aspek tentang pajak yang dapat pelajari, termasuk dalam sisi ekonomi, hukum, hingga akuntansinya.

Orang yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dengan jurusan perpajakan juga akan mempelajari mengenai bagaimana menyusun laporan pajak dan laporan keuangan.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More