8 Jenis Beasiswa Siswa Internasional untuk Kuliah di Luar Negeri, Cek Apa Saja

Sabtu, 09 September 2023 - 12:01 WIB
Ada banyak jenis bantuan keuangan/beasiswa bagi pelajar internasional yang ingin kuliah ke luar negeri. Salah satunya beasiswa berdasarkan prestasi. Foto/Ist
JAKARTA - Ini deretan jenis beasiswa pelajar internasional untuk kuliah di luar negeri. Mau kuliah gratis ke luar negeri? Beasiswa bisa menjadi solusi tepat untukmu. Tapi apa kamu tahu kalau ternyata ada banyak jenis bantuan keuangan lain bagi pelajar internasional yang ingin kuliah ke luar negeri Dirangkum dari berbagai sumber, artikel kali ini akan membahas jenis-jenis bantuan keuangan untuk kuliah di luar negeri.

8 Jenis Beasiswa/Bantuan Keuangan Kuliah di Luar Negeri

1. Beasiswa Berdasarkan Prestasi



Beasiswa bisa menanggung sebagian biaya kuliah atau bahkan seluruh biaya kuliah. Ada banyak kriteria yang digunakan untuk pemberian beasiswa ke awardee - salah satunya adalah prestasi akademis atau pencapaian di bidang lainnya. Beasiswa yang diberikan dengan melihat hal ini biasanya disebut beasiswa berdasarkan prestasi (merit-based scholarship).

2. Beasiswa Berdasarkan Destinasi Studi



Kalau kamu mengincar kuliah di negara tertentu, kamu harus tahu kalau banyak negara menawarkan beasiswa untuk pelajar internasional. Beasiswa ini biasanya bertujuan meningkatkan kerja sama antar negara atau menarik pelajar internasional untuk kuliah di negara tersebut. Beberapa contoh beasiswa yang masuk dalam kategori ini adalah Beasiswa Chevening untuk kuliah di Inggris, Beasiswa Swedish Institute untuk kuliah di Swedia, dan Beasiswa Fulbright untuk kuliah di Amerika Serikat.

3. Beasiswa Olahraga



Beasiswa olahraga (athletic/sports scholarship) biasanya diberikan bagi mereka yang memiliki keahlian atletik yang luar biasa. Beasiswa jenis ini sangat umum di Amerika Serikat, karena pertandingan olahraga di tingkat universitas sangat populer dan bisa menjadi sumber penghasilan yang sangat besar melalui penjualan tiket, suvenir dan lain-lain.



Walau dinamakan sebagai beasiswa olahraga, bukan berarti para penerima beasiswa jenis ini hanya perlu berprestasi dalam bidang olahraga. Mereka juga diwajibkan untuk mempertahankan nilai akademis minimal jika mereka ingin tetap mendapatkan beasiswa.

4. Beasiswa Berdasarkan Kebutuhan Finansial



Beasiswa ini ditujukan membantu para pelajar dari kalangan kurang mampu untuk kuliah di luar negeri. Beasiswa berdasarkan kebutuhan finansial (need-based scholarship) bisa digunakan untuk menutupi biaya kuliah dan biaya-biaya lain yang relevan. Para penerima beasiswa ini seringkali juga diperbolehkan menerima tambahan dana dari beasiswa berdasarkan prestasi. Salah satu syarat utama untuk mendapatkan beasiswa jenis ini adalah dokumen yang membuktikan status keuangan sang penerima beasiswa.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More