Kepoin Universitas Terbaik Dunia yang Menyediakan Alternatif Syarat Lulus Tanpa Skripsi

Selasa, 12 September 2023 - 10:03 WIB
Sejumlah universitas terbaik dunia menyediakan alternatif tugas akhir pengganti skripsi bagi mahasiswanya. Foto/SINDOnews.
JAKARTA - Kebijakan lulus kuliah tanpa skripsi yang dikeluarkan Kemendikbudristek sejatinya sudah berlaku di berbagai kampus luar negeri. Berikut ini beberapa universitas terbaik dunia yang menyediakan sejumlah alternatif tugas akhir selain skripsi sebagai syarat kelulusan.

Kebijakan Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim terbaru mengenai skripsi yakni skripsi bukan satu-satunya opsi syarat kelulusan mahasiswa S1 dan D4 menjadi isu baru dunia pendidikan tinggi yang sampai kini masih banyak ditanggapi oleh masyarakat.

Sebagian kalangan menyambut baik penghapusan kewajiban skripsi karena dinilai menghambat kelulusan mahasiswa namun ada juga yang berpendapat meski skripsi tidak wajib lagi namun keterampilan mahasiswa untuk menulis karya ilmiah jangan sampai hilang.

Sejatinya, sudah banyak perguruan tinggi luar negeri bahkan yang statusnya universitas terbaik dunia menyediakan berbagai alternatif bentuk tugas akhir sebagai syarat kelulusan.

Baca juga: Dukung Skripsi Tak Wajib Lagi, Aiman: Banyak Proyek Luar Biasa akan Lahir dari Mahasiswa

Berikut ini sejumlah universitas terbaik dunia dan tugas akhir selain skripsi yang disediakan oleh mahasiswanya yang dikutip dari Instagram Schoters.

Universitas Terbaik Dunia yang Tidak Mewajibkan Skripsi

1. Praktikum



University of Melbourne, Australia yang berada di peringkat 12 QS WUR 2024 dan University of Ljubljana Faculty of Computer and Information Science, Belanda peringkat 61-630 QS WUR 2024 merupakan salah satu kampus dunia yang membebaskan mahasiswa membuat praktikum sebagai tugas akhirnya.



Ilustrasi praktikum. Foto/UTSC Toronto
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More