Alasan Memilih Gap Year serta Apa Saja Plus dan Minusnya

Kamis, 14 September 2023 - 08:00 WIB
Alasan memilih gap year dan apa saja plus minus jika mengambil gap year. Foto/SINDOnews.
JAKARTA - Gap year bisa diartikan cuti belajar. Baik itu cuti selama beberapa bulan atau setahun atau lebih yang dilakukan siswa yang lulus sekolah menengah atas sebelum dia melanjutkan kuliah .

Konsep gap year mungkin memang belum seterkenal di luar negeri. J.K Rowling, Pangeran William, Benedict Cumberbatch, hingga Malia Obama adalah contoh tokoh-tokoh terkenal yang pernah mengambil gap year semasa mudanya.

Lazimnya anak-anak muda di negara barat mengisi gap year dengan mengikuti kursus keterampilan. bekerja paruh waktu maupun full time, magang, menjadi relawan, atau bahkan travelling.

Gap year bisa berlangsung selama apa pun tergantung dari keputusan orang tersebut. Ini karena ada banyak alasan mengapa seseorang memilih gap year.

Dikutip dari laman Schoters, berikut ini alasan dan sisi plus minus gap year.

Alasan Memilih Gap Year

1. Kondisi keuangan yang belum stabil



Alasan kuat untuk menunda kuliah bisa terjadi karena kondisi keuangan yang belum mencukupi. Terlebih jika kalian berkuliah di jurusan yang memerlukan banyak biaya seperti jurusan kedokteran.

Memang ada beasiswa namun ada biaya-biaya yang tidak ditanggung seperti dana untuk praktik atau praktikum, membeli buku dan alat penunjang lain sehingga memilih gap year merupakan opsi yang diambil.

2. Kesehatan mental



Isu kesehatan mental semakin diperhatikan akhir-akhir ini di Indonesia. Banyak orang yang merasa jenuh akibat terlalu banyak belajar hingga memutuskan untuk istirahat sejenak sebelum melanjutkan kuliah.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More