Deretan Sosok Rektor Termuda di Indonesia, Siapa Saja?

Selasa, 19 September 2023 - 13:39 WIB
Dunia perguruan tinggi Indonesia mencatat setidaknya ada 4 sosok rektor termuda di Indonesia, salah satunya Risa Santoso yang menjabat rektor di usia 27 tahun. Foto ilustrasi/Ist
JAKARTA - Ini deretan sosok rektor perguruan tinggi termuda di Indonesia. Rektor adalah jabatan akademik tertinggi di perguruan tinggi. Tugas seorang rektor yaitu memimpin lembaga perguruan tinggi agar mampu mencapai visi yang ditetapkan.

Latar belakang pendidikan yang berkualitas dan ditambah dengan pengalaman luar biasa, menjadi salah satu syarat menjadi rektor. Biasannya sosok yang menjabat rektor berasal dari dosen senior. Tapi tahukah kamu, di Indonesia terdapat sejumlah rektor dengan usia tergolong muda saat ditunjuk menjadi orang nomor satu di sebuah institusi perguruan tinggi. Dirangkum dari berbagai sumber, inilah sejumlah orang yang menjadi rektor di usia muda.

4 Sosok Rektor Termuda di Indonesia

1.Risa Santoso



Risa Santoso, lahir pada 27 Oktober 1992, lulusan kampus ternama yaitu S1 University Of California Amerika Serika, jurusan Ekonomi. Selanjutnya S2 Harvard University jurusan Pendidikan, melalui beasiswa Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP).

Tidak hanya itu Risa juga pernah menjadi staf di kantor Presiden, menjabat sebagai tenaga ahli muda. Bahkan Risa merupakan inisiator dari ASIA interprenunership Training Program, merupakan program akselerasi kerjasama dari Swiss dan Indonesia.

Risa dilantik menjadi Rektor Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) di ASIA Malang pada 2 November 2019 dan sekarang menjadi rektor termuda se Indonesia karena saat dilantik dirinya berusia 27 tahun.

Namun sebelum menjadi rektor Risa pernah menjabat sebagai Direktur Pengembangan Bisnis di Kampus ASIA. Keinginannya untuk terjun ke dunia pendidikan akhirnya bisa terwujud dengan menjadi rektor di Institut Teknologi dan Bisnis.

2. Riki Saputra



Riki Saputra kelahiran 13 Desember 1982 Bukittinggi, Sumatera Barat. Ia merupakan lulusan Aqidah Filsafat IAIN Iman Bonjol Padang pada 2005. Pada 2008 Riki melanjutkan studi pascasarjana di kampus yang sama dan meraih gelar Master Filsafat Islam.

Kemudian mendapatkan gelar Doktor Ilmu Filsafat di Universitas Gajah Mada, Yogyakarta pada 2015. Riki membuat disertasi berjudul "Krisis Spiritual Manusia Modern dalam Perspektif Filsafat Perennial Huston Smith".
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More