Dari Mana Sumber Dana Hibah Penelitian Dosen? Ini Jawabannya

Rabu, 27 September 2023 - 16:30 WIB
Salah satu pembiayaan penelitian dosen yang lazim dilakukan adalah dengan mencari dana hibah penelitian.Foto/Ist
JAKARTA - Ini sumber dan tips bagaimana cara mendapatkan dana hibah penelitian dosen .Melaksanakan penelitian menjadi satu di antara beberapa kewajiban seorang dosen selain juga merupaka bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Hanya saja kegiatan penelitian tentu membutuhkan dana tidak sedikit, apalagi penelitian bisa berlangsung bertahun-tahun. Salah satu pembiayaan penelitian yang lazim dilakukan adalah melalui dana hibah penelitian.

Pertanyaannya, dari mana dosen maupun perguruan tinggi bisa mendapatkan dana hibah penelitian dosen? Untuk menjawabnya artikel kali ini akan menjelaskan soal sumber dana hibah penelitian dosen dan tips bagaimana cara mendapatkannya

Ini Sumber Dana Hibah Penelitian Dosen



Penelitian adalah proses yang panjang, bisa jadi karena faktor inilah banyak dosen maupun mahasiswa enggan melakukannya. Selain itu kebutuhan dananya juga besar, belum lagi untuk tenaga dan waktu.

Bicara mengenai dana maka para dosen bisa memanfaatkan berbagai program dana hibah penelitian dosen. Sebab beberapa lembaga dan juga pemerintah melalui pihak-pihak terkait menyediakan bantuan dana untuk mendukung kegiatan penelitian tersebut.

Secara umum, sumber dana untuk hibah penelitian dosen ini ada beberapa yang cukup dikenal luas yaitu:

1. Dana hibah dari Ditlitabmas (Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat) Ditjen Dikti termasuk juga BOPTN (Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri).

2. Dana penelitian yang disediakan oleh pihak perguruan tinggi (dana internal perguruan tinggi yang bersangkutan).

3. Dana dari hasil kerjasama antara perguruan tinggi dengan industri maupun lembaga milik pemerintah.

Pada dasarnya sumber dana hibah penelitian dosen tidak hanya bisa didapatkan dari lembaga-lembaga nasional. Namun bisa pula dari lembaga maupun perusahaan atau industri internasional yang bisa diajak bekerjasama.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More