Pengertian, Struktur, dan Contoh Narrative Text

Minggu, 01 Oktober 2023 - 22:49 WIB
Narrative text adalah teks yang menceritakan rangkaian peristiwa secara kronologis atau terhubung dan berfungsi untuk menghibur pembaca. Foto/Freepik.
JAKARTA - Narrative text adalah teks yang menceritakan rangkaian peristiwa secara kronologis atau terhubung dan berfungsi untuk menghibur pembaca. Narrative text memiliki beberapa jenis teks yang menarik untuk dibaca, yakni fairy tale, folktale/folklore, legend, myth, science fiction, romance story, horror stories, fable, history, slice of life, dan personal experience.

Selain itu, narrative text juga memiliki generic structure atau struktur yang digunakan dalam membuat sebuah cerita atau narrative text agar tersusun dengan jelas dan menarik.

Struktur dalam Narrative Text

1. Orientation



Orientation merupakan paragraf awal yang berisi tentang perkenalan para tokoh yang terlibat dalam suatu kejadian atau cerita tersebut. Bagian orientation juga berisi tempat dan waktu kejadian.

2. Complication



Complication terdiri atas paragraf yang menjelaskan awal mula peristiwa atau kejadian sehingga tercipta alur cerita dan terbentuk konflik, klimaks serta antiklimaks.

Baca juga: 7 Contoh Pantun Jenaka, Bisa Jadi Bahan Bercandaan di Tongkrongan

3. Resolution



Resolution merupakan bagian akhir cerita yang berisi penyelesaian dari sebuah cerita atau kejadian.

4. Re-orientation

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More