Serupa Tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Prodi Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan

Sabtu, 14 Oktober 2023 - 09:30 WIB
Dalam rumpun ilmu sosial dan humaniora (Soshum) prodi Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan memiliki sejumlah perbedaan. Foto/Ist
JAKARTA - Ini perbedaan antara prodi Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan yang perlu diketahui. Kamu berminat kuliah di jurusan Soshum (Sosial dan Humaniora)? Perlu diketahui keilmuan Soshum terdapat banyak sekali bidang keilmuan yang dipecah dan difokuskan untuk membentuk bidang keilmuan mendalam

Hal itu terjadi pada dua bidang Soshum yakni ilmu politik dan ilmu pemerintahan. Keduanya secara garis besar berada pada lingkup yang sama yaitu lingkup politik dan pemerintahan.Lalu di mana perbedaan keduanya? Artikel kali ini akan mengulasnya secara rinci di mana letak perbedaan keduanya.

Perbedaan Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan



Ilmu Politik



1. Ilmu Politik memperlajari seluruh hal tentang dunia politik pada suatu negara dari aktor politik, partai politik, lembaga yang menjadi lingkungannya hingga isu isu politik yang tengah berkembang.

2. Ilmu politik juga akan mengkritisi dinamika pembuatan kebijakan, aktor internal maupun eksternal yang dapat memengaruhi kebijakan bahkan problematika dalam partai politik.

3. Bidang keilmuan ini akan terfokus pada ranah pembuatan kebijakan, isu dan dinamika yang mewarnainya.

4. Prospek karier bagi lulusan ilmu politik sendiri sebagai aktor maupun pejabat yang menduduki kursi politik seperti DPR, DPRD maupun anggota pengurus partai politik.



Ilmu Pemerintahan

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More