3 Perbedaan Profesi Psikolog dan Psikiater, dari Pendidikan hingga Wewenang

Senin, 30 Oktober 2023 - 12:14 WIB
Profesi psikolog dan psikiater memiliki perbedaan dari pendidikan yang ditempuh hingga wewenang. Foto/Freepik
JAKARTA - Profesi psikolog dan psikiater punya peran yang penting dalam menangani kesehatan mental seseorang. Meskipun memiliki bidang yang sama, namun kedua profesi tersebut memiliki perbedaan mendasar.

Biasanya orang-orang yang mengalami masalah mental serius akan mengonsultasikan dirinya ke psikolog atau psikiater. Tujuannya agar mendapatkan solusi dalam menjalani kehidupan yang lebih baik.

Lantas, apa saja perbedaan antara profesi psikolog dan psikiater?

Pada dasarnya, perbedaan utama antara dua profesi tersebut terletak pada pendidikan, pelatihan, pendekatan pengobatan, dan wewenang dalam praktik klinis. Berikut ulasannya.

Perbedaan Profesi Psikolog vs Psikiater



1. Pendidikan dan Pelatihan



Psikolog biasanya memiliki gelar sarjana (S.Psi atau Psikolog) dan gelar magister (M.Psi atau Psikolog Klinis). Mereka menjalani pendidikan dalam ilmu psikologi yang mencakup studi tentang perilaku manusia, proses kognitif, dan psikopatologi.



Sedangkan psikiater adalah dokter (biasanya MD atau DO) yang kemudian mengikuti pendidikan khusus dalam psikiatri setelah lulus dari sekolah kedokteran.

Mereka harus menyelesaikan pelatihan kedokteran selama beberapa tahun dan melakukan residensi dalam psikiatri selama beberapa tahun lagi.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More