Menempuh Berapa Semester Mahasiswa Jenjang S1, S2, dan S3 di Indonesia? Ini Penjelasannya

Selasa, 31 Oktober 2023 - 11:05 WIB
Perguruan tinggi di Indonesia memiliki beberapa jenis dengan menawarkan jenjang pendidikan berbeda-beda mulai jenjang S1, S2 dan S3. Salah satu perbedaan antar jenjang itu adalah jumlah semester yang wajib ditempuh. Foto/Ist
JAKARTA - Ini jumlah semester yang wajib ditempuh mahasiswa jenjang S1, S2 dan S3 di Indonesia.Perguruan tinggi di Indonesia memiliki beberapa jenis dengan menawarkan jenjang pendidikan yang berbeda-beda pula.

Masing-masing jenjang memiliki lama perkuliahan yang tidak sama sehingga hal ini akan berpengaruh pada jumlah semester. Artikel kali ini akan mengulas tentang jumlah semester yang wajib ditempuh mahasiswa jenjang S1 (sarjana), S2 (pascasarjana) dan S3 (doctor)

Jumlah Semester Mahasiswa S1 , S2, dan S3



1. Jenjang S1



S1 adalah jenjang pendidikan strata-1 atau program sarjana. Lama perkuliahan yang dibutuhkan untuk jenjang pendidikan ini yaitu membutuhkan waktu 4 tahun.

Adapun banyak semester yang akan dilalui selama 4 tahun tersebut adalah 8 semester. Namun, mahasiswa bisa lulus lebih cepat atau bahkan lambat dari waktu tersebut tergantung jumlah SKS yang diambil.

Dimana, pada umumnya, hampir semua perguruan tinggi memberi patokan kepada mahasiswanya untuk mengambil SKS minimal sebanyak 144 SKS selama 8 semester. Apabila jumlah SKS lebih banyak dari angka tersebut, bisa jadi kamu juga membutuhkan waktu dan semester yang lebih banyak untuk lulus.

Adapun maksimal batas waktu perkuliahan untuk lulus pada jenjang S1 yaitu sebanyak 7 tahun atau 14 semester.

Jika lebih dari itu mahasiswa akan di DO, jadi mahasiswa harus segera menyelesaikan perkuliahannya sebelum batas maksimal tersebut.

2. Jenjang S2

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More