Mengenal Pengertian, Struktur, dan Contoh Teks Cerita Inspiratif

Selasa, 31 Oktober 2023 - 16:24 WIB
Teks Cerita inspiratif memiliki tujuan memotivasi dan memberikan semangat kepada pembacanya. Foto/Freepik.
JAKARTA - Teks Cerita Inspiratif merupakan jenis narasi yang memiliki latar belakang perjuangan dan menjadikan kisah tersebut terlihat inspiratif dan memiliki makna. Teks Cerita inspiratif memiliki tujuanmemotivasi dan memberikan semangat kepada pembacanya.

Teks Cerita Inspiratif juga seringkali mengandung pesan moral dan nilai positif seperti kegigihan, kerja keras, tekun, kebaikan, dan semangat pantang menyerah kepada pembacanya.

Teks Cerita Inspiratif juga dirancang untuk mendorong pembacanya agar terus mengejar mimpi mereka dan mengejar tujuan hidup yang lebih besar.

Untuk lebih mengenal Teks Cerita Inspiratif, berikut penjelasan mengenai pengertian, struktur, dan contoh Teks Cerita Inspiratif.

Pengertian Teks Cerita Inspiratif



Teks Cerita Inspiratif menurut KBBI adalah ilham. Teks Cerita Inspiratif merupakan bahan tertulis yang digunakan sebagai media untuk mendapatkan ide atau gagasan yang dapat memperoleh semagat untuk mencapai tujuan atau cita-cita yang diharapkan.

Teks Cerita Inspiratif dapat dijadikan bahan rujukan belajar untuk para siswa atau pelajar. Teks Cerita Inspiratif dapat diperoleh dari pengalaman seseorang atau cerita nyata, dan dapat juga berupa cerita fiksi yang mengandung pesan moral.

Baca juga: 10 Contoh Teks MC Informal Berbagai Acara, Ice Breaking untuk Cairkan Suasana

Struktur Teks Cerita Inspiratif

1. Orientasi



Bagian awal adalah Orientasi. Dalam orientasi terdapat bagian yang berisikan pendahuluan, pengenalan tokoh utama, pengenalan latar belakang,, dan pengenalan subjek utama cerita. Tujuan dari pengenalan ini adalah agar pembaca dapat tertaik dengan cerita inspiratif tersebut.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More