Begini Cara Menulis Surat Lamaran untuk Posisi Entry Level

Jum'at, 03 November 2023 - 17:22 WIB
Surat lamaran menjadi bagian penting dari proses melamar kerja. Foto/Freepik.
JAKARTA - Surat lamaran menjadi bagian penting dari proses melamar kerja . Terutama jika kalian melamar untuk posisi entry level.

Surat lamaran menjadi titik kontak pertama sang pelamar kerja dengan calon pemberi kerja. Oleh karena itu surat lamaran harus dibuat seprofesional mungkin untuk memberi kesan positif.

Setiap perusahaan akan meminta Anda mengirimkan resume Anda; surat lamaran secara harfiah "menutupi" resume. Ini juga merupakan alat untuk mengekspresikan kepribadian, antusiasme, dan pengetahuan Anda kepada calon atasan Anda. Meskipun resume Anda pendek, surat lamaran Anda dapat menggantikannya dan memberi Anda kesempatan wawancara.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini cara menulis surat lamaran untuk posisi entry level.

3 Format Surat Lamaran



Saat menulis surat lamaran, ada tiga format utama yang perlu dipertimbangkan: standar, disesuaikan, dan kreatif. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tergantung pada industri, posisi, dan pemberi kerja.

Baca juga: Telkom University Jakarta Buka Lowongan Dosen Tetap, Daftar Sekarang

Format standarnya sederhana dan profesional, dengan pendahuluan, isi, dan kesimpulan yang menonjolkan kualifikasi dan pencapaian Anda. Sangat cocok untuk sebagian besar posisi entry level di bidang formal atau konservatif.

Format yang disesuaikan menyesuaikan dengan pekerjaan dan perusahaan tertentu dengan menggunakan kata kunci, frasa, dan contoh yang sesuai dengan deskripsi pekerjaan dan nilai-nilai perusahaan, yang menunjukkan riset Anda terhadap peran tersebut.

Terakhir, format kreatif itu surat lamaran yang dibuat dengan tata letak yang unik dan tidak sesuai pakem, gaya, atau pemakaian warna yang unik untuk menarik perhatian manajer perekrutan. Ini bisa efektif untuk posisi entry level di bidang kreatif atau inovatif seperti pemasaran atau desain.

Bagaimana Memilih Format Terbaik?

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More