Apa Itu SKPI di Dunia Kampus? Ini Urgensinya Bagi Lulusan Perguruan Tinggi

Sabtu, 04 November 2023 - 17:29 WIB
Surat Keterangan Pendamping Ijazah atau disingkat SKPI adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh institusi perguruan tinggi. Foto/Ist
JAKARTA - Ini pentingnya SKPI bagi lulusan perguruan tinggi . Pernah dengar kata SKPI? Surat Keterangan Pendamping Ijazah atau disingkat SKPI adalah dokumen resmi yang dikeluarkan oleh institusi perguruan tinggi.

Surat yang juga disebut Diploma Supplement ini berisi pencapaian akademik dan capaian pembelajaran serta kualifikasi lulusan pendidikan tinggi. Sederhananya, SKPI adalah rekam jejak mahasiswa ketika menjalani perkuliahan dan menjadi dokumen pendukung semua prestasi dan sertifikasi yang dicantumkan di curriculum vitae (CV).

Nantinya SKPI ini dikeluarkan untuk mendampingi ijazah dan transkrip, Ijazah merupakan bukti kelulusan , dan transkrip merupakan pencapaian nilai selama menempuh jenjang Pendidikan, Sedangkan SKPI ini menerangkan kemampuan mahasiswa atau capaian belajar mahasiswa yang di buat dalam narasi deskriptif yang gampang untuk di pahami.

Capaian belajar di sini membahasa beberapa hal yang penting, selain kemampuan dalam persaingan dunia kerja tetapi kemampuan pengetahuan dan sikap yang dimiliki oleh lulusan perguruan tinggi tersebut. Selain capaian belajar akademik dalam SKPI juga terdapat capaian atau kegiatan yang pernah di ikuti oleh mahasiswa atau merupakan rekam jejak , sperti prestasi mahasiswa di bidang non akademis, sminar atau workshop dan lainya.

Isi Surat Keterangan Pendamping Ijazah Menurut Kemendikbudristek



1. Logo Perguruan Tinggi

2. Nomor Keputusan Pendirian Perguruan Tinggi

3. Nama Program Studi Lulusan

4. Nama Lengkap Pemilik SKPI

5. Tempat dan Tanggal Lahir Pemilik SKPI
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More