5 Pahlawan Nasional yang Turut Berjuang untuk Pendidikan di Tanah Air

Senin, 06 November 2023 - 09:31 WIB
Selain Ki Hajar Dewantara, ada sejumlah tokoh pahlawan nasional yang berjuang untuk pendidikan di Indonesia. Foto/Dok/SINDOnews.
JAKARTA - Hari Pahlawan diperingati setiap tanggal 10 November. Pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia tidak hanya yang berjuang secara fisik namun juga bidang lain seperti pendidikan .

Kemajuan dunia pendidikan dan sumber daya manusianya saat ini tidak terlepas dari orang-orang yang peduli akan pendidikan anak-anak bangsa.

Di dunia pendidikan kita mengenal pahlawan nasional Ki Hajar Dewantara yang kiprahnya di dunia pendidikan Tanah Air tidak diragukan lagi.

Ki Hajar Dewantara melahirkan Perguruan Nasional Taman Siswa yang merupakan cikal bakal sistem pendidikan di Indonesia.

Baca juga: 10 Contoh Teks Deskriptif tentang Pahlawan Indonesia yang Telah Menginspirasi Banyak Orang

Namun selain Ki Hajar Dewantara, ada sejumlah tokoh pahlawan nasional yang juga berjuang di dunia pendidikan. Dikutip dari laman Direktorat SMP, berikut ini daftarnya.

5 Pahlawan Nasional Pejuang Pendidikan

1. K. H. Hasyim Asy’ari



Satu lagi tokoh pahlawan muslim yang berjuang di jalur pendidikan. Hasyim Asy’ari adalah ulama dan pahlawan nasional yang lahir pada 14 Februari 1871. Hasyim Asy’ari pemrakarsa dari berdirinya salah satu organisasi massa Islam terbesar di Indonesia, yaitu Nahdlatul Ulama (NU).

KH Hasyim Ashari cukup peduli dengan pendidikan, terutama pendidikan umat muslim. Sepulangnya menimba ilmu di Makkah pada 1899, dia pun mendirikan pesantren Tebu Ireng yang menjadi pesantren terbesar dan terpenting di Pulau Jawa pada abad ke-20.

2. K. H. Ahmad Dahlan

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More