Apakah Bekerja Harus Sesuai Latar Belakang Jurusan Kuliah? Begini Penjelasannya

Senin, 06 November 2023 - 18:39 WIB
melihat kenyataan yang ada, seseorang yang bekerja di sebuah bidang tertentu ternyata tak harus sesuai dengan jurusan kuliah yang pernah ditempuhnya. Foto/Ist
JAKARTA - Apakah untuk bekerja harus sesuai dengan jurusan kuliah yang ditempuh seseorang? Pertanyaan itu berkecamuk di benak banyak orang mengingat di era modern ini banyak ditemukan orang yang menekuni profesi tertentu padahal latar belakang pendidikannya atau secara khusus jurusan kuliah semasa di perguruan tinggi ternyata tidak berkaitan sama sekali dengan bidang yang digeluti saat ini

Lalu apakah persepsi di tengah masyarakat saat ini bahwa ketika seseorang masuk ke dunia kerja maka harus disesuaikan dengan latar belakang pendidikan sudah berubah?

Atau dengan kata lain melihat tren yang ada sekarang apakah jurusan kuliah seseorang menentukan bidang kerja yang akan dijalani di dunia kerja nanti? Artikel kali ini akan mengulas dan memberikan penjelasan soal itu, simak ya!

6 Alasan Bekerja Tak Harus Sesuai dengan Jurusan saat Kuliah



1. Jurusan Hanya Prasyarat



Bekerja yang tidak sesuai dengan jurusan kuliah tak selalu berarti gagal dalam karier. Banyak orang sukses di bidang yang sama sekali tidak berhubungan dengan perkuliahan. Apalagi kini kuliah sering hanya dijadikan prasyarat untuk masuk di dunia kerja. Banyak lowongan hanya mewajibkan pelamar menyandang paling tidak gelar S1 atau D3 tetapi tidak menetapkan jurusannya.

2. Pengalaman Diutamakan



Kenyataannya banyak pelamar yang dipilih perusahaan karena lebih berpengalaman dari pada sekadar sesuai jurusan. Karena itu, penting untuk menggali pengalaman sebanyak mungkin, terutama yang sesuai minat dan kemampuan.



3. Network Lebih Penting

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More