Mau Daftar PTN di 2024? Ini Materi Tes, Durasi Penyelesaian dan Sistem Penilaian UTBK SNBT 2023

Selasa, 07 November 2023 - 11:13 WIB
Kamu yang berminat mendaftar ke PTN di 2024, hendaknya mulai sekarang harus mempersiapkan diri untuk mengikuti tes atau seleksi di UTBK dan SNBT nantinya. Foto/Ist
JAKARTA - Ini rincian seputar materi tes, durasi penyelesaian dan sistem penilaian dalam UTBK SNBT. Kamu lulusan SMA dan semua yang berminat mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi negeri maka hendaknya mulai mempersiapkan diri menghadapi ujian atau tes seleksi di Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Pada pelaksanaan UTBK 2024 nanti, kamu akan menghadapi berbagai soal-soal dari berbagai mata pelajaran yang akan diujikan. Sebagai referensi, artikel kali ini akan membahas mengenai isi materi tes, durasi waktu penyelesaian dan sistem penilaian yang ada di UTBK SNBT 2023 yang bisa jadi acuan mendaftar di 2024 nanti

Komponen Utama UTBK SNBT 2023



Bagi kamu yang akan mengikuti SNBT mungkin sudah mengetahui bahwa tes yang sebelumnya dikenal dengan SBMPTN ini kini diubah menjadi SNBT.

Tidak hanya pergantian nama seleksi, komponen tes yang diujikan pada SNBT pun sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya.

Pada seleksi SMBPTN sebelumnya, siswa dihadapkan untuk mengerjakan soal dari berbagai mata pelajaran.

Namun, berkaca pada pelaksanaan UTBK SNBT tahun 2023 siswa hanya akan menghadapi soal yang berfokus pada pemahaman dan penalaran. Ada dua komponen utama pada pelaksanaan UTBK SNBT tahun ini, yaitu Tes Potensi Skolastik dan Tes Literasi.

Jika dijumlahkan, jumlah total soal kedua komponen tersebut sebanyak 155 butir dan terbagi ke beberapa subtes.

Tes Potensi Skolastik memiliki empat subtes yaitu:



• Kemampuan penalaran umum
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More