Contoh Teks Narasi Beserta Pengertian dan Strukturnya

Selasa, 07 November 2023 - 13:19 WIB
Teks narasi tidak hanya digunakan pada media cetak atau tulis namun juga untuk komunikasi lisan. Foto/Freepik.
JAKARTA - Sebagai bentuk komunikasi yang kuat, t eks narasi memiliki beberapa unsur pokok yang membuatnya berbeda dengan jenis teks lain. Unsur tersebut adalah karakter, konflik, latar plot, resolusi dan tema. Karakter yang terlibat dalam teks narasi juga memiliki peran penting dalam membangun cerita.

Teks narasi tidak hanya digunakan pada media cetak atau tulis, Namun Teks Narasi juga digunakan dalam komunikasi lisan untuk menjelaskan peristiwa atau pengalaman pribadi.

Pengertian Teks Narasi



Menurut Widjono (2007), Narasi adalah uraian yang mengisahkan kejadian, tindakan, maupun keadaan secara berurutan dari awal sampai akhir sehingga saling berhubungan antara satu dan yang lainnya.

Baca juga: 15 Contoh Teks Eksemplum Beserta Strukturnya



Teks narasi merupakan teks yang menceritakan sebuah peristiwa sesuai kronologis dan secara berurutan. Teks narasi dapat ditemukan dalam berbagai jenis seperti fiksi dan nonfiksi. Dan juga Teks narasi dapat ditemukan di tulisan seperti biografi, novel, dan karya ilmiah.

Struktur Teks Narasi

1. Orientasi



Dalam orientasi terdapat bagian awal dari teks narasi yang bertujuan untuk memperkenalkan pembaca kepada karakter, latar, dan situasi dari cerita tersebut. Bagian orientasi memberikan kemudahan pembaca dalam memahami cerita dengan baik.

2. Komplikasi

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More