40 Mahasiswa Unesa Jadi Steward di Piala Dunia U-17, Begini Momen Serunya

Jum'at, 17 November 2023 - 09:03 WIB
40 mahasiswa FIKK Unesa terjun menjadi steward di Gelora Bung Tomo (GBK) Surabaya saat gelaran Piala Dunia U-17. Foto/Unesa.
JAKARTA - Gelaran Piala Dunia U-17 turut disambut oleh 40 mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Mereka terjun menjadi personil khusus petugas pelayan atau steward di Gelora Bung Tomo (GBK) Surabaya.

Steward dalam perhelatan sepakbola modern memiliki peran penting sebagai garda terdepan dalam mengamankan dan melancarkan pertandingan sepak bola. Mereka hadir di tribun, di pinggir lapangan, dengan rompi khusus sebagai tanda pengenal. Sementara polisi berjaga di luar stadion, tidak di dalam lagi seperti sebelumnya.

Salah satu mahasiswa Unesa yang menjadi bagian dari personel steward adalah Rafika Firdani Auliya, mahasiswi Program Studi S1 Pendidikan Olahraga FIKK. Dia ikut andil dalam kepanitiaan di ajang FIFA World Cup U-17 di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya.

Baca juga: Profil PNJ, Politeknik Terbaik di Indonesia Versi QS Asia University Rangking 2024

Sebagai steward atau petugas keamanan sepak bola, Rafika memiliki tugas mengawasi suporter selama pertandingan berlangsung dan berwenang melakukan pengecekan secara intens atas barang bawaan yang dibawa masuk oleh suporter.

Sebelum bertugas sebagai steward, ungkapnya, ada banyak persyaratan yang harus dipenuhi saat seleksi. Seperti tinggi badan, berat badan, indeks masa tubuh, hingga mata yang tidak minus dan buta.

Selain itu, tambahnya, hal terpenting yang harus dimiliki oleh seorang steward sepak bola adalah ketegasan, taat seluruh peraturan dan SOP, memiliki tubuh yang porposional dan ideal.

“Berani mengambil keputusan, serta mampu menegur suporter dengan cara yang sopan,” tandasnya, dikutip dari laman Unesa, Jumat (16/11/2023).

Baca juga: Mau Kuliah Pascasarjana Gratis? Ini Syarat Beasiswa LPDP S2 Dalam Negeri yang Perlu Disiapkan

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More