31 Contoh Teks Konjungsi Temporal dalam Kalimat dan Mudah Dipahami

Minggu, 19 November 2023 - 14:44 WIB
Teks konjungsi temporal adalah kata hubung yang berkenaan dengan waktu, baik dalam kalimat atau antar kalimat itu sendiri. Foto/Freepik.
JAKARTA - Teks konjungsi temporal adalah kata hubung yang berkenaan dengan waktu, baik dalam kalimat atau antar kalimat itu sendiri. Berikut 31 contoh teks penulisannya.

Terdapat dua jenis konjungsi temporal, yaitu konjungsi temporal sederajat dan konjungsi temporal tidak sederajat.

Konjungsi temporal sederajat bersifat setara, konjungsi ini ditempatkan pada tengah kalimat dan tidak bisa diletakkan di awal maupun akhir kalimat. Sedangkan konjungsi temporal tidak sederajat dapat diletakkan pada awal, tengah, maupun akhir kalimat dan digunakan untuk menghubungkan beberapa kalimat.

Baca juga: 15 Contoh Teks Konjungsi Berpasangan (Korelatif) yang Mudah Dipahami

Konjungsi temporal memiliki dua fungsi, yakni untuk menghubungkan kalimat majemuk baik yang sederajat maupun tidak sederajat. Fungsi yang kedua ini adalah suatu kalimat yang dibuat dan bertujuan untuk menanyakan waktu.

Berikut 31 Contoh Teks Konjungsi Temporal



1. Kami sampai di rumah sebelum matahari tenggelam.

2. Lulu terlambat datang ke sekolah karena bangun kesiangan. Sejak saat itu dia selalu bangun pagi dan berangkat lebih pagi.

3. Masukkan tepung terigu, bawang putih cincang, dan air secukupnya. Setelah itu, aduk adonan hingga rata.

4. Felin sungguh sangat gembira hari ini. Padahal di hari sebelumnya ia hanya bisa cemberut dan mengurung diri di kamar.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More