5 Universitas yang Memiliki Jurusan Administrasi Rumah Sakit Unggul di Indonesia

Selasa, 21 November 2023 - 11:08 WIB
Salah satu universitas yang memiliki jurusan adminitrasi rumah sakit unggul di Indonesia adalah Magister Administrasi Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Foto/Ist
JAKARTA - Ini 5 universitas yang memiliki jurusan administrasi rumah sakit unggul di Indonesia. Kegiatan rumah sakit tidak melulu soal melayani pasien saja namun juga berjalannya sebuah organisasi.

Ketika memandang rumah sakit sebagai sebuah organisasi, ilmu-ilmu kepemimpinan dan manajerial tentu mutlak diperlukan. Dan dalam konteks ini jurusan administrasi rumah sakit menjadi pilihan tepat untuk memperdalam ilmu manajerial rumah sakit.

barat kapal tanpa nahkoda, organisasi tanpa pimpinan tentu mempersulit tercapainya tujuan. Hal inilah yang kemudian membuat jurusan administrasi rumah sakit menjadi penting.Lalu perguruan tinggi mana saja yang saat ini membuka jurusan administrasi rumah sakit? Artikel kali ini akan menjawabnya, simak ya!

5 Universitas yang Memiliki Jurusan Administrasi Rumah Sakit Unggul



1. Kajian Administrasi Rumah Sakit Universitas Indonesia (S2)



Program Studi Kajian Administrasi Rumah Sakit Universitas Indonesia merupakan bagian dari Program Magister di UI. Berada dalam naungan Fakultas Kesehatan Masyarakat, lulusan dari program ini akan menyandang gelar MARS atau Magister Administrasi Rumah Sakit.

Untuk lulus dari program studi ini, mahasiswa perlu menempuh beban studi dengan total 42 SKS. Tidak seperti jurusan kedokteran yang mempelajari berbagai penyakit dan ilmu-ilmu kesehatan, Program Studi Kajian Administrasi Rumah Sakit UI memiliki berbagai mata kuliah manajemen, kepemimpinan, serta organisasi. Mata kuliah manajemen yang akan dipelajari di jurusan ini diantaranya adalah:

1. Manajemen Risiko dan Penjaminan Kualitas di OPK

2. Manajemen Keuangan OPK

3. Manajemen Strategis Pemasaran OPK (RS)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More