8 Kesalahan Umum yang Harus Dihindari Pelajar saat Belajar UTBK, Jangan Diabaikan

Kamis, 23 November 2023 - 11:22 WIB
Salah satu kesalahan umum yang biasa terjadi dan harus dihindari pelajar saat belajar UTBK adalah terlalu memforsir belajar sehingga kurang tidur. Foto/Ist
JAKARTA - Ini 8 kesalahan yang umum harus dihindari saat belajar UTBK. Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) merupakan ujian yang menjadi pintu gerbang masuk ke perguruan tinggi di Indonesia. Untuk mencapai hasil optimal, para pelajar harus mempersiapkan diri dengan baik.

Terjadinya kesalahan seringkali banyak dilakukan pelajar saat belajar untuk UTBK. Kesalahan-kesalahan inilah yang justru bisa menghambat mereka dalam meraih hasil maksimal dan bisa membuyarkan mimpi masuk kampus idaman.

Dilansir dari lembaga bimbingan belajar, Zenius Education, artikel kali ini akan membahas setidaknya ada 8 kesalahan umum yang harus dihindari pelajar saat belajar UTBK, apa saja? Simak penjelasan di bawah ini ya!

8 Kesalahan Umum yang Harus Dihindari saat Belajar UTBK



1. Belajar Diforsir Sampai Kurang Tidur



Banyak siswa yang sangat giat belajar sampai mengorbankan jam tidurnya. Padahal, tidur sangat penting untuk proses belajar. Belajar secara umum terdiri dari tiga tahap, yaitu akuisisi, konsolidasi, dan recall.

Akuisisi yaitu informasi baru masuk ke dalam otak. Konsolidasi yaitu proses memori menjadi lebih stabil. Selanjutnya, recall yaitu proses mengambil kembali informasi yang tersimpan. Tahap akuisisi dan recall berlangsung saat kita bangun. Sedangkan tahap konsolidasi memori berlangsung saat kita tidur dengan cara menguatkan koneksi antara neuron.

2. Tidak Mengetahui Cara Belajar Efektif



Salah satu aspek krusial yang kerap terabaikan dalam perjalanan persiapan UTBK adalah kurangnya pemahaman akan cara belajar yang efektif. Banyak pelajar, terlepas dari kecerdasan dan motivasi mereka, sering kali bingung tentang metodepembelajaran yang paling sesuai dengan gaya belajar individual mereka.

Mereka mengaku telah belajar berjam-jam, tetapi hanya sedikit materi yang dipahami atau diingat. Maka dari itu, penting untuk mempelajari teknik dan strategi belajar yang efektif.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More