Ingin Jadi Penulis? Ini Pengertian Cerpen, Ciri, Unsur, Jenis, dan Contohnya

Selasa, 28 November 2023 - 09:07 WIB
Cerpen atau cerita pendek merupakan suatu bentuk narasi prosa yang memiliki ciri-ciri keterbatasan panjang. Foto/Freepik.
JAKARTA - Cerpen atau cerita pendek merupakan suatu bentuk narasi prosa yang memiliki ciri-ciri keterbatasan panjang, fokus pada satu inti cerita atau tema tertentu. Cerpen juga membahas konflik, karakter dengan alur cerita dalam kerangka yang singkat.

Menulis cerpen harus dilakukan secara lengkap dalam menyampaikan ide, konflik, karakter, dan resolusi dalam kerangka teks yang terbatas. Dalam menulis cerpen, penulis sering kali harus mengemas elemen-elemen kunci cerita dalam kata-kata yang efektif untuk menciptakan dampak yang maksimal pada pembaca.

Ciri-ciri Cerpen

1. Keterbatasan Panjang



Cerpen umumnya memiliki panjang yang terbatas, biasanya berkisar antara seribu hingga sepuluh ribu kata. Keterbatasan panjang ini membedakannya dari bentuk prosa yang lebih panjang seperti novel.

2. Fokus pada Satu Tema atau Inti Cerita



Cerpen cenderung berfokus pada satu tema, inti cerita, atau konflik utama. Hal ini membuat cerpen lebih terfokus dan padat dalam penyampaian pesan.

3. Keterbatasan Karakter



Dalam cerpen, karakter yang muncul umumnya lebih terbatas dibandingkan dengan novel. Penulis harus efisien dalam mengembangkan karakter dan menggambarkan kepribadian mereka.

Baca juga: 10 Contoh Teks Inspiratif yang Menarik untuk Dibaca

4. Konflik dan Klimaks

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More