Ini 5 Keunggulan SMK Dibanding SMA yang Perlu Diketahui Lulusan SLTP

Rabu, 06 Desember 2023 - 13:26 WIB
Salah satu keunggulan SMK dibanding SMA adalah lulusan para lulusan SMK siap untuk memasuki dunia kerja karena pada pendidikan SMK siswa dibekali dengan keahlian khusus baik secara teori, teknik maupun praktik sesuai program keahlian yang dipilih.Foto/Ist
JAKARTA - Ini 5 keunggulan SMK dibanding SMA yang perlu diketahui. Persepsi di tengah masyarakat saat ini masih menempatkan jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) lebih baik dibanding jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Kemudahan lulusan SMA untuk masuk perguruan tinggi menjadi nilai plus tersendiri dibanding lulusan SMK yang dalam beberapa hal ‘sulit’ melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Namun bukan berarti SMK tidak memiliki kelebihan ketimbang SMA.

Bagi kamu yang berkeinginan untuk melanjutkan studi ke SMK, maka jangan berkecil hati karena ada sejumlah keunggulan SMK daripada SMA yang perlu diketahui. Apa saja?.Artikel kali ini akan membahas setidaknya ada 5 keunggulan SMK dibanding SMA, simak uraiannya ya!

5 Keunggulan SMK daripada SMA



1. Lulusan Siap Kerja



Nantinya, para lulusan SMK siap untuk memasuki dunia kerja, karena pada pendidikan SMK siswa dibekali dengan keahlian khusus baik secara teori, teknik maupun praktik sesuai program keahlian yang dipilih. Di SMK, teori dan teknik langsung dipraktikkan, di mana porsi praktek lebih besar dari pada pemberian materi.

2. Sekolah Sudah Kerja Sama dengan Perusahaan



Untuk keunggulan kedua, sekolah-sekolah SMK biasanya telah menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan. Sehingga terdapat peluang untuk dapat disalurkan kepada perusahaan yang telah bekerja sama tersebut ketika mereka membutuhkan tenaga kerja.

3. Ada Praktik Kerja Lapangan



Hal yang paling umum di SMK ialah adanya Praktik Kerja Lapangan (PKL). Biasanya para siswa semester akhir akan merasakan yang namanya PKL atau magang pada suatu perusahaan.
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More