5 Tips Sukses Tryout agar Lulus UTBK dan Masuk Perguruan Tinggi Negeri

Rabu, 06 Desember 2023 - 17:14 WIB
Hampir semua siswa SMU ingin lulus Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Foto/MNC Media.
JAKARTA - Hampir semua siswa SMU ingin lulus Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Namun, sebelum mengikuti ujian, ketahui dulu tips sukses tryout yang merupakan kunci utama lulus UTBK hingga diterima di PTN.

Tryout adalah latihan mengerjakan berbagai jenis soal menjelang ujian akhir atau tes masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Umumnya, tryout dilakukan oleh siswa-siswi yang duduk di jenjang akhir pendidikan, yaitu kelas 6, 9, dan 12.

Nah, sambil mempersiapkan diri ikutan tryout, mulai dari 8 Desember, AladinMall hadir di Shop+-nya RCTI+ #FirstLiveShopingonOTT. Yuk, join dan dapatkan semua kebutuhan kamu di AladinMall.

Tips Sukses Tryout

1. Belajar dan Siapkan Mental



Persiapan pertama harus dilakukan adalah persiapkan mental. Meski hanya latihan ujian, menghadapi tryout tentu tidak boleh main-main. Layaknya mempersiapkan ujian sungguhan, mempersiapan tryout juga harus sama seriusnya. Belajarlah dengan rutin agar bisa menguasai bahan materi yang akan diujikan.

2. Menyiapkan Kebutuhan Tryout



Sebelum tryout secara offline maupun online, ada baiknya untuk mempersiapkan kebutuhan tryout satu hari sebelumnya. Hal ini penting agar dalam pelaksanaannya, kalian tidak perlu repot mencari barang-barang yang diperlukan.

3. Mengerjakan Soal dengan Tenang



Saat mengerjakan soal tryout, usahakan untuk tetap tenang dan tidak tegang. Sebab hal ini akan berpengaruh pada hasil tryout. Seseorang yang mengerjakan soal dengan tegang cenderung tidak fokus dan justru menjadikannya tidak maksimal dalam mengerjakan soal.

4. Dahulukan Soal yang Termudah

Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More